3 Raksasa Farmasi di Indonesia

ADVERTISEMENT

3 Raksasa Farmasi di Indonesia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 25 Okt 2022 10:56 WIB
ilustrasi obat
Ilustrasi Obat/Foto: shutterstock
Jakarta -

Mengulas sejumlah crazy rich di Indonesia yang berhasil membesarkan perusahaan di sektor farmasi menjadi informasi yang cukup menarik.

Di Indonesia sendiri terdapat sejumlah perusahaan farmasi besar yang telah banyak memproduksi obat-obatan. Saking besarnya, bahkan pemilik dari sejumlah perusahaan ini berhasil masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Lantas siapa saja pemilik perusahaan farmasi yang berhasil masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia? Berikut tiga besar di antaranya:

1. Boenjamin Setiawan & keluarga

Boenjamin Setiawan merupakan pendiri raksasa farmasi Kalbe Farma. Pada mulanya ia membangun perusahaan ini di sebuah garasi pada tahun 1966 bersama lima saudara kandungnya.

Meski demikian Kalbe Farma kini menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Adapun perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1991.

Pria yang juga akrab dipanggil sebagai "Dr. Boen" ini juga masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021.

2. Irwan Hidayat & keluarga

Irwan Hidayat dan keluarganya merupakan pemilik saham mayoritas di Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, perusahaan jamu terbesar di Indonesia.

Adapun Sido Muncul sendiri telah menguasai 38% pangsa pasar jamu Indonesia, dengan merek terbesarnya Tolak Angin.

Tidak puas hanya dengan "usaha jamu", keluarga Hidayat telah mengembangkan bisnisnya hingga ke perhotelan dengan tiga hotel di pulau Jawa dan sebuah perusahaan manajemen hotel.

Berkat itu dirinya ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 21,9 triliun dan menduduki peringkat 28 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021.

3. Kartini Muljadi & keluarga

Kartini Muljadi merupakan satu-satunya perempuan yang masuk dalam daftar ini. Dirinya juga diketahui merupakan satu dari 3 perempuan yang namanya berhasil masuk dalam daftar orang terkaya RI.

Diketahui bahwa Kartini Muljadi dan anak-anaknya merupakan memiliki grup Tempo. Adapun perusahaan terbesarnya adalah Tempo Scan Pacific, yang bergerak di bidang pembuatan obat-obatan dan barang konsumsi.

Selain itu Muljadi sendiri merupakan seorang pengacara dan mantan hakim. Firma hukumnya, Kartini Muljadi & Rekan adalah firma hukum korporasi dan komersial Indonesia yang terkenal.

Berkat itu harta kekayaan Kartini ditaksir mencapai US$ 695 juta atau setara Rp 10,14 triliun dan menduduki peringkat 50 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Lihat juga video 'Kemenkes Impor Obat Gagal Ginjal Akut dari Australia, Amerika dan Jepang':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT