Pandemi COVID-19 Melandai, PeduliLindungi Masih Dipakai Nggak Sih?

ADVERTISEMENT

Pandemi COVID-19 Melandai, PeduliLindungi Masih Dipakai Nggak Sih?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 25 Okt 2022 11:07 WIB
Infografis PeduliLindungi
Ilustrasi PeduliLindungi. Foto: detikcom
Jakarta -

Aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat masuk ke berbagai fasilitas publik, seperti mall, hotel, hingga moda transportasi. Penggunaan PeduliLindungi mulai digalakkan seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19.

Namun, penggunaan aplikasi PeduliLindungi mulai longgar. Hal ini berbarengan dengan melandainya kasus COVID-19 di Indonesia.

Tim detikcom turun langsung ke lapangan untuk mengecek hal ini. Selama beberapa waktu ke belakang penggunaan aplikasi PeduliLindungi tidak lagi ketat.

Dari pantauan detikcom di Halte Bus Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022), pengguna busway bisa masuk tanpa perlu scan barcode PeduliLindungi. Tempat scan barcode disediakan tapi petugas tidak mengarahkan penumpang untuk scan.

Penumpang busway bisa langsung tap kartu dan masuk ke dalam halte. Begitu juga di halte busway di Mampang Prapatan, Jakarta selatan. Penumpang bisa langsung tap kartu tanpa wajib scan PeduliLindungi.

Penggunaan PeduliLindungi di pusat perbelanjaan atau mall juga mulai longgar. Tidak semua pengunjung harus memindai barcode yang disediakan.

"Tadi masuk mall sama keluarga. Yang ngecek PeduliLindungi cuma satu doang, cuma saya. Keluarga tetap boleh masuk kok," ujar Dani, pengunjung di salah satu mall di Bekasi kepada detikcom.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo buka-bukaan soal nasib aplikasi PeduliLindungi yang dikembangkan pemerintah usai pandemi berakhir. Menurut Kartika, saat ini sedang terjadi diskusi intens antara Telkom, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Kesehatan soal nasib PeduliLindungi.

Menurutnya, PeduliLindungi bisa saja digunakan untuk keperluan kesehatan hingga terhubung dengan BPJS. Bahkan ada opsi PeduliLindungi akan dipakai untuk menyalurkan bansos.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT