Kang Duren, Capai Cash Flow Milyaran Per Tahun dari Bisnis Durian

ADVERTISEMENT

Kang Duren, Capai Cash Flow Milyaran Per Tahun dari Bisnis Durian

Edward. F. Kusuma - detikFinance
Kamis, 27 Okt 2022 14:13 WIB
Jakarta -

Membidik pasar niche adalah tantangan besar bagi para pengusaha. Namun inilah yang dilakukan Dzulfikri Putra Malawi. Dengan mempraktekkan personal treatment serta sociopreneur untuk membangun ekosistem ekonomi para mitra kerjanya, ia berhasil meraih perputaran uang milyaran dari membidik konsumen yang spesifik .

"Satu bulan itu kita bisa kalau lagi ramai, mungkin bisa lima ratusan butir sampai ribuan butir kalau lagi ramai, tapi rata-rata satu bulan itu seringnya lima ratus butir, lima ratus butir rata-rata, dengan harga yang bervariasi. Perputaran uang untuk satu tahunnya tuh bisa sampai satuan miliaran. Perputaran uang ya bukan margin, bukan omset juga ya, perputaran uang, nilai transaksinya. Yang mana adalah nilai yang besar untuk dagang durian yang pasarnya adalah kecil," ungkap Fikri dalam d'Mentor on Location, Kamis (27/10).

Fikri membangun usaha Kang Duren sejak 2018 lalu. Awalnya, ia mulai membuat riset mini serta mempersiapkan produk untuk dipasarkan. Fikri menjelaskan, target konsumen yang dituju adalah para penggemar durian yang merasa kecewa karena buah yang mereka beli di pinggir jalan tidak memenuhi harapan.

"Kalau kita beli durian di pinggir jalan, cenderung eker-ekeran atau berantem dengan pedagangnya lah, ini nggak manis ganti, bawa pulang zonk segala macam," katanya.

Bermula dari empat buah durian, usaha Kang Duren pun dimulai. Instagram adalah satu-satunya media yang digunakannya saat itu untuk berjualan. Selain tidak perlu menyiapkan gerai untuk dagangannya, jangkauan media sosial yang begitu besar menjadi pertimbangan utamanya. Fikri yang tidak asing dengan dunia penulisan serta seni foto pun menggunakan kemampuannya untuk menggambarkan rasa dengan kata-kata.

"Jadi kekuatan saya karena saya bisa nulis gitu ya, saya narasiin. Ini durian karakternya seperti apa, sumbernya dari mana, teksturnya bagaimana, rasanya seperti apa, saya jabarin. Saya certain pokoknya dengan gaya bertutur di Instagram," ungkapnya.

Bukan hanya menjual narasi, Fikri pun berani memberi garansi. Ia mengungkapkan bahwa setiap buah durian yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi, ia rela menarik kembali buah durian itu untuk diganti yang baru. Menurutnya, menjaga kepercayaan pembeli adalah kunci Kang Duren untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan.

"Kita full garansi. Kalau tidak sesuai, uang kembali atau kita tukar durian lagi", pungkasnya.

(vys/ed)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT