Kapan BLT UMKM Cair? Kemenkop Buka Suara Kasih Kode Ini

ADVERTISEMENT

Kapan BLT UMKM Cair? Kemenkop Buka Suara Kasih Kode Ini

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 27 Okt 2022 16:00 WIB
Indonesian Rupiah - official currency of Indonesia
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Yoyochow23
Jakarta -

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah buka suara soal pencairan BLT UMKM. Menurut Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing Eddy Satriya, pihaknya akan mengusahakan pencairan BLT UMKM.

"Untuk BLT UMKM kami masih mengusahakan. Tapi kemungkinannya ya wait and see," katanya di mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2022).

Eddy mengatakan, BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) terus diusahakan untuk cair. Namun, ada kemungkinan bantuan tersebut cair tahun depan.

"Kalau tidak jadi tahun ini ya tahun depan dengan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kan saat ini nggak seperti saat COVID-19 di 2020 dan 2021," jelasnya.

Eddy menambahkan, pihaknya masih merumuskan formula tepat terkait bentuk BLT UMKM. Salah satunya melalui pengalihan subsidi BBM.

"Bentuk lainnya itu disesuaikan dengan kondisinya. Waktu itu menggunakan PEN saat pandemi. Kemarin wacananya dari pengalihan subsidi BBM, ini tentu akan dirumuskan kembali. Tentu saja Kemenkop selalu berusaha setiap ada bantuan itu akan kita lakukan secara maksimal," ujarnya.

Sebelumnya dari catatan detikcom, BLT UMKM sebesar Rp 600 ribu telah dipastikan akan berlanjut pada 2022. Adapun BLT UMKM ini direncanakan disalurkan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh wilayah Indonesia.

BLT diberikan sebagai dampak kenaikan inflasi akibat penyesuaian harga BBM. Regulasi penyaluran BLT tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 134/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT