3 Jurus Hadapi Resesi Ekonomi untuk UMKM ala Sandiaga Uno

ADVERTISEMENT

3 Jurus Hadapi Resesi Ekonomi untuk UMKM ala Sandiaga Uno

Dea Duta Aulia - detikFinance
Rabu, 02 Nov 2022 19:05 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbagai cerita tentang apa yang dilakukan saat muda hingga menjadi pengusaha, dan kini pejabat. Sandi bercerita semasa muda kerap bermain basket.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbagi ilmu kepada para pelaku UMKM dalam webinar Webinar Business Mentoring Class bertajuk 'Strategi Memikat Investor di Masa Resesi', Selasa (1/11). Ilmu bisnis tersebut dibagikan agar pelaku UMKM mampu bertahan menghadapi resesi ekonomi.

Adapun materi detail yang diberikan berupa cara negosiasi dan presentasi cepat namun menarik. Serta penerapan konsep '3 Si' inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Saya berikan konsep, yang pertama '3 Si', inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Negosiasi itu bisa cepat, bisa memikat kalau kita menguasai seluruh isu, jadi informasi yang diperlukan itu kita harus tahu dengan cepat dan super tepat. Kita juga harus mampu dikelilingi oleh orang - orang yang baik, kalau kita mau sukses, kita bergaulnya sama orang - orang sukses," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Rabu (2/11/2022).

Ia menuturkan resesi ekonomi harus dilalui oleh para pelaku UMKM dengan sejumlah strategi. Sehingga bisnis yang sedang dikembangkan oleh pelaku UMKM bisa terus berkembang dan meminimalisir dampak dari resesi.

"Bisa disimpulkan bahwa disaat resesi ekonomi gelap. Banyak ketidakpastian, penerangnya adalah kemampuan kita untuk 4As, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas," jelasnya.

Tak hanya itu, para pelaku UMKM juga diperkenalkan dengan Platform Sandination (Sandi Uno For The Better Nation). Dalam platform tersebut akan dibagikan banyak informasi mengenai tips - tips usaha, lifestyle, ekonomi, hingga bisnis ala Sandiaga Uno.

"Ini disandingkan dengan semangat 3G, gercep kita harus gerak cepat mengambil peluang, geber kita harus mampu bergerak bersama, dan gaspol garap semua potensi termasuk potensi online untuk menciptakan peluang usaha bersama UMKM lainnya," tutupnya.

(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT