Amazon 'Ditendang' dari Top 10 Perusahaan Terbaik Dunia, Kok Bisa?

ADVERTISEMENT

Amazon 'Ditendang' dari Top 10 Perusahaan Terbaik Dunia, Kok Bisa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 05 Nov 2022 19:30 WIB
Logo Amazon (AFP Photo)
Foto: Logo Amazon (AFP Photo)
Jakarta -

Perusahaan teknologi ternama dunia, Amazon bukan lagi perusahaan terbaik di dunia versi Forbes. Berbeda dengan pemiliknya, Jeff Bezos yang sampai saat ini masih menjadi konglomerat terkaya nomor empat dunia.

Amazon sendiri yang bergerak industri teknologi, internet, software, hingga e-commerce saat ini menduduki urutan ke-14 di daftar perusahaan terbaik dunia. Padahal tahun sebelumnya berada di urutan empat yang saat ini diduduki oleh induk Google, Alphabet.

Kedudukannya saat ini dikalahkan oleh Apple, Delta Air Lines, Costco Wholesale, Adobe, Southwest Airline, Dell Technologies, Lockheed Martin, hingga BMW Group.

Dikutip dari Forbes, Sabtu (5/11/2022) perusahaan ini didirikan oleh Jeffrey P. Bezos pada Juli 1994 dan berkantor pusat di Seattle. Amazon juga bergerak di industri retail.

Lini bisnis yang dimiliki Amazon memang cukup banyak. Bisnis di Amerika Utara mencakup penjualan eceran produk konsumen dan langganan melalui situs web yang berfokus pada Amerika Utara seperti www.amazon.com dan www.amazon.ca.

Amazon Web Services termasuk di dalamnya penjualan global penawaran komputasi, penyimpanan, database, dan layanan AWS untuk perusahaan rintisan, perusahaan, lembaga pemerintah, dan institusi akademik.

Pendapatan yang didapat Amazon tahun ini sebanyak US$ 469,8 miliar, aset yang tercatat US$ 420,5 miliar, dan keuntungannya US$ 33,4 miliar.

Bezos juga sebenarnya turun peringkat dalam daftar orang terkaya di dunia. Dia dikalahkan oleh Elon Musk, pengusaha asal India Gautam Adani, serta Bernard Arnault dan Keluarga. Seperti yang diketahui tahun-tahun sebelumnya Bezos betah di posisi pertama atau kedua sebagai orang terkaya dunia.

(ada/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT