Direktur Keuangan Pertamina Raih Penghargaan Kesetaraan Gender UN Women

ADVERTISEMENT

Direktur Keuangan Pertamina Raih Penghargaan Kesetaraan Gender UN Women

Yudistira Imandiar - detikFinance
Minggu, 06 Nov 2022 19:21 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini menerima penghargaan Indonesia Women Empowerment Principles (WEPs) 2022 dari UN Women Indonesia. Emma mendapatkan penghargaan kategori Leadership Commitment.

Penghargaan itu diserahkan di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Jumat (4/11). Emma dinilai berperan penting dalam mewujudkan komitmen kuat perusahaan untuk mendorong hadirnya kebijakan, regulasi, atau praktik yang bertujuan memajukan kesetaraan gender di tempat kerja.

Beberapa peran Emma dalam memajukan kesetaraan gender, yakni pertama Emma dipercaya memimpin komunitas PERTIWI (komunitas pekerja perempuan Pertamina) yang dibentuk pada 2021 untuk melaksanakan program aksi edukasi dan sosialisasi kesetaraan gender.

"Sebagaimana perusahaan energi global lainnya yang mewadahi komunitas pekerja perempuan, PERTIWI dibentuk sebagai wadah inklusif pekerja perempuan Pertamina untuk meningkatkan kemampuan dan menyiapkan kader pemimpin dalam berkontribusi pada sosial masyarakat dan global," kata Emma dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (6/11/2022).

Emma menuturkan pembentukan PERTIWI mendapat dukungan penuh dari top level management Pertamina dengan komitmen untuk mendukung secara aktif pemberdayaan perempuan melalui kegiatan pengembangan personal dan profesional. Hal ini dalam rangka mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina dan energi masa depan.

"Selain itu, PERTIWI juga berupaya meningkatkan sinergi internal dan eksternal untuk mendukung implementasi Environmental Social Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDG) point ke 5 terkait kesetaraan gender serta mengoptimalkan kontribusi Perwira Perempuan dalam mewujudkan lingkungan sosial yang sejahtera," jelas Emma.

Kedua, melalui PERTIWI dan Srikandi BUMN, Emma mengadvokasi pentingnya respectful workplace di perusahaan sesuai dengan program Respectful Workplace Policy dan komitmen Zero Harassment yang diluncurkan Pertamina pada tahun lalu.

Pertamina menjadi BUMN pertama yang menerapkan kebijakan tersebut. Hal itu juga mendorong dikeluarkannya Surat Edaran Menteri BUMN mengenai Respectful Workplace Policy di lingkungan BUMN pada 2022 yang dampaknya bisa dirasakan hampir 1 juta pekerja di lingkungan BUMN.

Ketiga, Emma selalu mengarahkan agar seluruh program PERTIWI dan gender initiatives di Pertamina untuk di-tagging dan dapat mendukung pencapaian SDGs khususnya Goal 5 Gender Equality.

Keempat, Emma turut membangun komunikasi dan membina pengembangan program kemitraan yang selaras untuk memberdayakan perempuan. Sejalan dengan kiprahnya tersebut, Pertamina mendapatkan penghargaan MURI untuk kategori pemberdayaan UMKM Wanita terbanyak melalui toko digital pada kegiatan SMEXPO 2021.

Kelima, berbagai program kerja sama juga diinisiasi dan difasilitasi oleh Emma Sri Martini untuk mendorong implementasi program-program gender di Pertamina, BUMN, maupun Indonesia. Beberapa partner kerja sama tersebut, di antaranya USAID, ILO, UN Women, ADB, KBUMN, KPPPA, dan IBCWE.

Keenam, Emma mendorong evaluasi dan pengukuran gender inisiatif melalui berbagai program gender audit internal maupun eksternal.

Penilaian Indonesia WEPs 2022 melalui proses verifikasi dokumen pendukung, uji tuntas, dan penilaian ahli yang profesional, kompeten, dan berpengetahuan tentang praktik di sektor swasta yang secara berkelanjutan mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Emma menyatakan penghargaan dari Indonesia WEPs 2022 semakin memotivasi Pertamina untuk memperkuat komitmennya untuk menyaring talenta terluas di perusahaan bisnis, meningkatkan daya saing perusahaan, memenuhi tanggung jawab perusahaan dan komitmen keberlanjutan, model perilaku perusahaan mencerminkan harapan masyarakat terhadap perusahaan, karyawan, warga negara, dan keluarga, dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan di negara-negara di mana ia beroperasi.

"Apresiasi ini menjadi motivasi bagi saya selaku Ketua PERTIWI Pertamina untuk terus konsisten menjalankan komitmen dalam mendukung kesetaraan gender yang dimulai dari lingkungan kerja. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Semoga kita semua dapat mengemban amanah ini sebaik-baiknya, bersama-sama seluruh perempuan Indonesia untuk dapat kembali bangkit menghadapi tantangan pascapandemi menuju Indonesia bangkit lebih kuat," ujar Emma.



Simak Video " Pertamina Talks Episode 2: Kesetaraan gender, seperti apa implementasinya di Pertamina? "
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT