TV Analog Dimatikan, Set Top Box Jadi Langka-Harga Naik

ADVERTISEMENT

TV Analog Dimatikan, Set Top Box Jadi Langka-Harga Naik

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 08 Nov 2022 07:00 WIB
Kominfo Matikan TV Analog, Set Top Box Diburu Sampai Ludes
Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai setop siaran TV analog untuk migrasi ke TV digital. Hal itu membuat permintaan akan perangkat set top box (STB) meningkat dan harganya naik.

Toko elektronik di Jakarta Utara salah satu yang kebanjiran pelanggan hingga stok set top box habis. Hal itu diungkap oleh pengunjung bernama Wiji.

"Benar di toko eletronik set top box pada kehabisan, banyak yang cari. Masyarakat banyak yang marah-marah TV mereka tiba-tiba mati nggak ada saluran," kata Wiji kepada detikcom, Senin (7/11/2022).

Tak hanya menjadi susah dicari, harga set top box juga jadi melonjak di pasaran. Wiji menyebut harga perangkat elektronik itu yang sebelumnya Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu.

"Gara-gara digitalisasi televisi, toko elektronik kehabisan kabel dan antena TV. Harga set top box juga naik yang standar Rp 150 ribu jadi Rp 200 ribu," imbuhnya.

Harga di Toko Online Ada yang Hampir Rp 500 Ribu

Berdasarkan pantauan di platform jual beli online, harga set top box ada yang dijual hingga Rp 300 ribu. Padahal harga perangkat elektronik yang sudah tersertifikasi Kominfo itu umumnya hanya Rp 160 ribu sampai Rp 180 ribuan.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Simak Video: Sejarah Siaran TV Analog hingga Digantikan TV Digital

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT