Siap-siap! Pesawat Raksasa Bakal Terbang ke Bali

ADVERTISEMENT

Siap-siap! Pesawat Raksasa Bakal Terbang ke Bali

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 07 Nov 2022 21:10 WIB
Emirates Airline Airbus A380
Ilustrasi/Foto: Getty Images/Sjo
Jakarta -

Salah satu pesawat terbesar di dunia Airbus A380 akan mendarat di Indonesia. Pesawat tersebut milik maskapai Emirates, yang rencananya akan terbang ke Bali.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (7/11/2022).

"Emirates ada planning untuk mengoperasikan 380-nya ke Bali," katanya.

Faik menjelaskan, Emirates telah menyampaikan keseriusannya. Sebab, Emirates memiliki dua penerbangan per hari di mana penumpangnya mencapai 100%.

Maka itu, Emirates menimbang untuk menggunakan pesawat yang lebih besar yaitu A380.

"Itu sudah dalam final discussion karena timnya mereka sudah datang ke sini, sudah cek bandara, review mana yang perlu disesuaikan. Secara teknis sudah nggak ada masalah ya," terangnya.

Menurutnya, mungkin saja pesawat itu digunakan untuk libur Natal nanti. Namun, dia mengatakan, keputusan belum final.

"Mungkin nanti pas Natal bisa jadi pakai 380, tapi ini belum final karena kembali keputusan ada di mereka. Tapi, mereka sudah menyampaikan bahwa mereka bisa masuk dengan pesawat itu," terangnya.

Jika itu terealisasi, Faik mengatakan, pesawat itu menjadi pesawat A380 pertama yang beroperasi secara reguler di Indonesia.

"Launching-nya nanti kita info kalau sudah ada kepastian. Ini 380 pertama yang akan beroperasi secara reguler di Indonesia, di Bandara I Gusti Ngurah Rai," katanya.

Dikutip dari laman Airbus, pesawat A380 mampu menampung 500 penumpang. Pesawat ini dapat membantu mengurai kemacetan di bandara dengan memberikan kapasitas penumpang yang lebih besar.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT