GoTransit Bikin Mudah Eksplorasi Ragam Jenis Wisata di Jakarta

ADVERTISEMENT

GoTransit Bikin Mudah Eksplorasi Ragam Jenis Wisata di Jakarta

Yudistira Imandiar - detikFinance
Rabu, 09 Nov 2022 10:43 WIB
GoTransit
Foto: Gojek
Jakarta -

City tour merupakan pilihan wisata yang menyenangkan dan tentunya hemat biaya bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki sederet destinasi untuk dikunjungi.

Di Jakarta, masyarakat bisa melakukan berbagai hal menyenangkan. Mulai dari mengunjungi museum bersejarah, berbelanja, menikmati pertunjukan hiburan, mencicipi kuliner, dan sebagainya.

Selain banyaknya destinasi untuk dikunjungi, Jakarta sangat mudah diakses lantaran banyaknya pilihan moda transportasi. Untuk bersantai sambil liburan di Jakarta, masyarakat bisa menggunakan ragam transportasi umum seperti KRL dan TransJakarta.

Akses menuju tempat-tempat seru di Jakarta kini semakin mudah dengan adanya layanan GoTransit dari Gojek. Masyarakat pengguna transportasi umum bisa melanjutkan perjalanan dengan layanan ride hailing dari Gojek untuk sampai ke tempat yang ingin dituju.

GoTransit merupakan inovasi dari Gojek yang berkolaborasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Layanan ini dapat memudahkan masyarakat untuk membeli tiket KRL Commuter Line lewat aplikasi Gojek. Melalui terobosan ini, mobilitas masyarakat dimudahkan karena bisa mengatur berbagai hal mulai dari rute perjalanan sampai dengan mekanisme pembayaran yang bisa dilakukan melalui GoPay.

"Seiring dengan semakin tingginya minat masyarakat dalam melakukan city tour di akhir pekan, GoTransit siap menemani pengguna Gojek agar semakin mudah merencanakan perjalanan dari titik keberangkatan awal hingga tujuan akhir secara lebih efisien dalam satu platform. Bahkan dalam satu aplikasi ini pengguna juga dapat membeli tiket transportasi publik (KRL Commuterline)," jelas Head of Global Marketing GoRide Gojek Stella Darmadi dalam keterangan tertulis, Rabu (9/11/2022).

"Kami berharap efisiensi dan kenyamanan yang ditawarkan GoTransit, dapat semakin mendorong penggunaan transportasi publik, dan membuat transportasi publik semakin digemari masyarakat, baik untuk bekerja maupun untuk berpergian ke tempat-tempat wisata," imbuhnya.

GoTransit bisa dimanfaatkan pengguna Gojek yang ingin berwisata di Jakarta. Pengguna tinggal naik KRL Commuterline dan turun di stasiun terdekat dari lokasi yang ingin dituju. Setelah sampai stasiun tujuan, tinggal memesan GoRide atau GoCar untuk menuju ke lokasi tujuan. Hal ini akan mempersingkat waktu perjalanan dan pengguna bisa leluasa menikmati waktu berlibur tanpa harus repot berkendara.

GoTransitGoTransit Foto: Gojek

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengapresiasi langkah Gojek karena telah memberi cara baru bagi masyarakat dalam melakukan wisata dalam kota. Sebagai kota tempat meleburnya keragaman Indonesia, kata Andhika, DKI Jakarta menawarkan wisata lengkap bagi wisatawan, di antaranya wisata sejarah, kelautan, kuliner, belanja, fesyen, religi, arsitektur, taman, olahraga hingga seni budaya.

"Lewat fitur-fitur kemudahan mengakses berbagai tempat, termasuk tempat wisata, diharapkan minat berwisata bagi wisatawan mancanegara, domestik, dan bahkan masyarakat yang tinggal di Jakarta akan meningkat. Dan lebih jauh, upaya ini diharapkan juga bisa berkontribusi terhadap upaya kita dalam mengedukasi masyarakat untuk lebih banyak menggunakan transportasi publik yang akan memiliki dampak langsung bagi keberlangsungan kota jakarta yang lebih sehat dan lebih hijau," papar Andhika.

VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia Anne Purba mengulas di akhir pekan commuterline dipilih masyarakat untuk berlibur mengunjungi berbagai objek wisata, pusat belanja maupun tempat-tempat menarik lainnya. Hal itu, ulas Anne, tergambar dari data data volume pengguna stasiun terbanyak yang menjadi destinasi para penumpang pada akhir minggu, yakni Stasiun Bogor dengan rata-rata pengguna pada akhir pekan bulan Oktober ini sebanyak 37.867 orang per harinya.

"Selain itu, Stasiun Tanah Abang yang terletak di kawasan pusat grosir tekstil pembelanjaan terbesar di Asia Tenggara ini juga menjadi salah satu stasiun dengan volume pengguna tertinggi pada akhir minggu. Tercatat rata-rata pengguna commuterline pada akhir minggu sepanjang Bulan Oktober ini sebanyak 28.709 orang per hari," papar Anne.

"Dengan terus bertambahnya transaksi menggunakan aplikasi GoTransit, kami percaya dengan kolaborasi ini, semakin banyak pengguna Commuterline yang bisa berwisata di kawasan Jabodetabek," imbuhnya.

Perwakilan Jakarta Tour Guide Pracandha Adwitiyo menambahkan saat ini semakin mudah berwisata di Jakarta menggunakan transportasi umum seperti Commuterline. Ia menjabarkan masyarakat bisa berwisata di kawasan Kota Tua dan China Town dengan turun di Stasiun Kota. Bila ingin menikmati kawasan Jatinegara, bisa turun di Stasiun Jatinegara dan berjalan-jalan ke Pasar Batu Akik, hingga Pasar Jembatan Item.

"Keberadaan layanan seperti GoTransit kami percaya akan semakin memudahkan masyarakat, karena dengan rekomendasi rute tidak perlu bingung lagi bagaimana menjangkau sebuah lokasi wisata," ujar Pracandha.



Simak Video "Pihak GoClub Sebut Bakal Perpanjang Kerja Sama dengan BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT