10 Musisi dengan Bayaran Termahal, Siapa Nomor 1?

ADVERTISEMENT

10 Musisi dengan Bayaran Termahal, Siapa Nomor 1?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 09 Nov 2022 16:01 WIB
Konser Bruce Springsteen di Dallas, Texas
Bruce Springsteen/Foto: HuffingtonPost
Jakarta -

Siapa musisi dengan bayaran termahal? Mungkin di antara kalian ada yang pernah berpikir seperti itu. Pasalnya menjadi musisi kerap kali dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang menghasilkan banyak uang.

Kepopuleran serta banyaknya karya mereka yang dapat dinikmati banyak orang merupakan beberapa faktor besarnya bayaran para musisi. Pada awal Januari 2022, RollingStone merilis 10 musisi dengan bayaran termahal.

Dilansir dari RollingStone, Rabu (9/11/2022), berikut merupakan daftarnya.

1. Bruce Springsteen (US$ 590 juta)

Springsteen menjual hak cipta penerbitan dan rekaman masternya ke Sony, rumah musik lamanya, pada bulan Desember 2021. Hasil penjualannya senilai US$ 550 juta membuat sejarah sebagai penjualan katalog solo terbesar hingga saat ini.

Kembalinya ke Broadway pada musim panas lalu menambahkan jutaan ke penghitungannya, seperti halnya dua proyek dengan Barack Obama: podcast Spotify berjudul Renegades: Born in the USA dan sebuah buku dengan judul yang sama.

2. Jay-Z (US$ 470 juta)

Miliarder pertama hip-hop mungkin menjadi runner-up dalam daftar ini, tetapi dia baru saja mencatat total pendapatan tahunan tertinggi dalam karirnya. Februari 2021 lalu, dia menjual setengah dari champagne Armand de Brignac miliknya kepada LVMH seharga US$300 juta. Portofolionya juga mencakup kemitraan dengan Puma dan Tiffany & Co.

3. Paul Simon (US$ 260 juta)

Penyanyi dan penulis lagu Paul Simon menjual seluruh katalog musiknya ke Sony Music Publishing sekitar Maret 2021 lalu. Mencakup sekitar 400 komposisi, kesepakatan itu mencakup karya solo Simon serta hak atas lagu yang dia tulis sebagai bagian dari Simon dan Garfunkel. Pakta itu juga menyatukan hak penerbitannya dengan rekaman masternya, yang sudah disimpan di Sony.

4. Kanye West (US$ 250 juta)

Kanye West memiliki pendapatan terbesar dari sepatunya yaitu Yeezy. Melansir dari forbes, kekayaan pengusaha dan musisi ini termasuk uang tunai, real estate, nilai katalog musiknya serta 5% saham merek pakaian mantan istrinya, Skims.

5. Ryan Tedder (US$ 200 juta)

Ryan Tedder merupakan frontman dari band One Republic menjual katalog lagu-lagunya seharga US$ 60 juta pada 2017 lalu. Pada Januari lalu, KKR membeli sebagian besar hak ciptanya dengan harga US$ 200 juta.

6. Red Hot Chili Peppers (US$ 145 juta)

Band rock ini menjual katalog penerbitan mereka ke Hipgnosis pada bulan Mei 2021. Band ini mengahasilkan sekitar US$ 140 juta untuk kumpulan lagu-lagu yang telah ditulis sepanjang karir mereka.

7. Lidsey Buckingham (US$ 100 juta)

Lindsey menjual hak ciptanya ke hipgnosis seharga kurang lebih US$ 100 juta.

8. Mötley Crüe (US$ 95 juta)

Mötley Crüe diketahui menerima sekitar US$ 90 juta dari penjualan master-rekaman band ke BMG.

9. Blake Shelton (US$ 83 juta)

Blake Shelton merupakan satu-satunya penyanyi country di daftar ini. Shelton mendapatkan sekitar US$ 50 juta untuk penjualan katalog miliknya yang sebelumnya tidak dilaporkan. Ia juga menambah penghasilannya sebagai juri di The Voice dan dibayar US$ 13 juta per season.

10. Taylor Swift (US$ 80 juta)

Pada tahun lalu, Taylor Swift telah merekam ulang album lamanya dan merilisnya untuk mendapatkan kembali hak miliknya. Red (Taylor's Version) dan Fearless (Taylor's Version) menjadi album No. 2 dan No. 4 dalam hal total penjualan pada tahun 2021.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT