Kenapa Indomaret Warnanya Merah, Kuning, Biru?

ADVERTISEMENT

Kenapa Indomaret Warnanya Merah, Kuning, Biru?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 08:00 WIB
Toko swalayan Indomaret. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Indomaret/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Indomaret merupakan salah satu jaringan minimarket yang sudah sangat dikenal masyarakat. Jumlahnya yang banyak bikin mudah dijangkau di mana pun berada.

Minimarket yang pertama kali berdiri pada tahun 1988 diketahui telah memiliki ribuan jaringan di seluruh Indonesia. Dari kota metropolitan hingga daerah pinggiran, Indomaret tetap setia menjadi tempat belanja masyarakat.

Namun tahukah kamu bahwa sebelumnya Indomaret sendiri sudah 3x melakukan perubahan logo. Perubahan pertama dilakukan pada tahun 1988 - 2000. Kemudian perubahan kedua dilakukan pada 2001 -2010, dan yang terakhir dilakukan pada 2011 - sekarang.

Saat ini pun logo Indomaret terbaru sendiri dibagi menjadi 3 warna, yaitu merah, biru dan kuning. Ketiga warna ini dipilih sebagai warna dasar dari logo Indomaret tentu dengan alasan.

Melansir dari akun Facebook resmi Indomaret, dalam salah satu unggahannya dijelaskan bahwa warna merah melambangkan Keberanian dalam mendobrak, sebagai pionir. Biru melambangkan kehangatan, kematangan, ketenangan, rendah hati kepada pelanggan. Terakhir kuning melambangkan keceriaan & ketulusan.

Sebagai informasi, Indomaret termasuk jenis usaha di bidang gerai waralaba. Konsep bisnis waralaba Indomaret merupakan pelopor di bidang minimarket di Indonesia. Hal ini terus dibuktikan, dengan peningkatan jumlah terwaralaba Indomaret dari waktu ke waktu.

Konsep bisnis waralaba Indomaret juga diakui oleh pemerintah melalui penghargaan yang diberikan, yakni sebagai "Perusahaan Waralaba Unggul 2003". Penghargaan tersebut sejatinya pertama kali, diberikan kepada perusahaan minimarket di Indonesia.

Seiring dengan perjalanan waktu dan kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata hingga apartemen. Nah, setelah menguasai pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan jaringan ritel dalam skala besar, pihak manajemen berkomitmen untuk menjadikan Indomaret sebagai sebuah aset nasional.

Hal ini tidak terlepas dari kenyataan, bahwa seluruh pemikiran dan pengoperasian perusahaan, ditangani sepenuhnya oleh pekerja asal Indonesia. Sebagai aset nasional, Indomaret ingin berbagi kepada masyarakat Indonesia, melalui bisnis waralaba yang juga mampu bersaing dalam persaingan global. Oleh karena itu, visi perusahaan kemudian berkembang "menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global".

Indomaret sendiri sudah berkembang dengan sangat pesat di berbagai wilayah di Indonesia. Dilansir dari situs resmi Indomaret, per Agustus 2022 sudah terdapat 20.518 gerai. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5000 jenis produk. Keberadaan Indomaret pun kini diperkuat dengan adanya Indogrosir, anak perusahaan dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.

Tonton juga Video: Kontroversi Tukang Parkir di Indomaret, Dibutuhkan atau Tidak?

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT