Kemnaker Gelar TKM Expo di Palu, Libatkan 300 UMKM

ADVERTISEMENT

Kemnaker Gelar TKM Expo di Palu, Libatkan 300 UMKM

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 11 Nov 2022 19:15 WIB
Arus lalu lintas di depan Gedung Kemnaker (Isal Mawardi/detikcom)
Foto: Gedung Kemnaker (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan program perluasan kesempatan kerja melalui bantuan Tenaga Kerja Mandiri atau TKM. Tahun ini TKM Expo digelar di Lapangan Vatulemo, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Acara ini mengusung nama Maleo Expo 2022 berlangsung sejak 9 November 2022 diikuti 300 UMKM dan pegiat kerja mandiri.

"Saat ini hal yang paling dibutuhkan masyarakat adalah permodalan, pelatihan, pendampingan dan berani memulai produksi barang atau jasa serta pemasarannya, terutama bagi para pelaku UMKM dan kelompok-kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Staf Khusus Kemnaker, Risharyudi Triwibowo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/11/2022).

Menurutnya sangat penting menjadi pengusaha dan terus menciptakan lapangan kerja baru. Apalagi di era setelah pandemi banyak orang usia kerja bingung mencari lowongan pekerjaan.

Diharapkan acara ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi, sedikit menggairahkan pelaku UMKM dan terjadi transaksi bisnis antara para pelaku UMKM, kelompok TKM dengan masyarakat yang datang berkunjung. Pengusaha besar diharapkan juga membantu dari sisi pemasaran produk.

"Expo TKM ini sangat positif dan memiliki manfaat penting dalam mengembangkan potensi usaha lokal agar dapat mempromosikan produknya ke lingkungan yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini," jelasnya.

Risharyudi berharap para pelaku UMKM, khususnya kelompok usaha penerima program TKM, menggunakan sebaik-baiknya bantuan pelatihan dan permodalan, sehingga ke depannya jumlah pelaku bisnis UMKM bisa berkiprah lebih baik lagi.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT