Ini 3 Perusahaan Besar yang Kabarnya Mau Cabut dari Banten ke Jateng

ADVERTISEMENT

Ini 3 Perusahaan Besar yang Kabarnya Mau Cabut dari Banten ke Jateng

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Sabtu, 12 Nov 2022 06:30 WIB
Sejumlah pekerja pabrik yang baru kembali dari mudik jalani swab antigen di Jakarta Utara. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.
Ilustrasi kegiatan di sebuah pabrik/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Tiga perusahaan besar kabarnya bakal cabut dari Banten ke Jawa Tengah (Jateng). Ketiganya juga membangun pabrik di Jateng, dan segera rampung.

Pihak Pemerintah Provinsi Banten pun buka suara merespons kabar tersebut. Berikut penjelasannya


(1) Identitas perusahaan

Perusahaan yang kabarnya mau cabut dari Banten ke Jateng adalah PT Nikomas Gemilang, PT KMK Global Sport dan PT Parkland World Indonesia (PWI).

"Diduga mas, karena begini, pembangunan pabrik mereka tahun depan selesai, kalau pabrik itu selesai, bangun rumah nggak ditempati rugi loh mas. Mungkin kalau dibilang asumsi monggo lah ya, cuma kan kalau Nikomas, KMK mungkin nggak pindah, karena di sana namanya beda, ganti baju," kata Kadisnakertrans Banten Septo Kanaldi dikonfirmasi detikcom, Serang, Jumat (11/11/2022).


(2) Lokasi pabrik baru

Menurut Septo KMK membangun pabrik di Temanggung dan Salatiga. Kemudian, PWI di Pati dan Nikomas di Pekalongan. Selain itu, Septo menambahkan, apabila ketiga perusahaan pindah ke Jateng maka akan siap-siap terjadi gelombang PHK.


(3) Pemicu perusahaan mau hengkang

Septo menjelaskan kabarnya ketiga perusahaan itu pindah karena masalah kemudahan berinvestasi dan soal upah buruh yang ketinggian. Masalah ini pun sempat menjadi perbincangan hangat di Banten

"Obrolan ini sudah lama terjadi ini bikin saya gelisah juga, tapi ya bisnis is bisnis mas gak ada dulurnya (saudaranya). Saya hanya ingatkan, membuka brainstorming kita dengan kemungkinan ini bisa terjadi di Banten, gejala itu ada," tutur Septo

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT