Pengin Jadi Driver Taksi Online AirAsia? Begini Cara Daftarnya

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Pengin Jadi Driver Taksi Online AirAsia? Begini Cara Daftarnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 12 Nov 2022 14:15 WIB
ojol taksi online airasia
Foto: Dok. IG Tony Fernandes
Jakarta -

AirAsia kini memiliki layanan taksi online. Bali merupakan wilayah pertama yang bisa menggunakan airasia ride ini.

Karena itu AirAsia membuka lowongan kerja untuk masyarakat Bali yang ingin menjadi driver taksi online yang sudah mengaspal pada 2 November lalu.

Sekadar informasi airasia ride ini adalah layanan taksi online dari AirAsia melalui anak usahanya yang bernama Capital A.

"Saat ini, kami masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang tertarik untuk bergabung menjadi pengemudi airasia ride," ungkap Arbi Wienandar, Head of Delivery airasia Super App Indonesia.

Arbi menyatakan antuasiasme masyarakat Bali selama ini cukup besar untuk bergabung ke airasia ride. Pendaftaran pengemudi sendiri sudah dibuka sejak pertengahan Oktober yang lalu.

Menurut, airasia ride pun berencana untuk menyesuaikan jumlah pengemudi dengan kapasitas kebutuhan pengguna di Bali. Maka dari itu bagi yang berminat menjadi driver airasia ride baiknya segera mendaftarkan diri.

"Kami sangat senang terhadap besarnya antusiasme masyarakat Provinsi Bali untuk bergabung sebagai pengemudi airasia ride. Tentunya, kami akan menyesuaikan jumlah pengemudi dengan kapasitas kebutuhan pengguna di area kami beroperasional," ujar Arbi

Dari keterangannya, Arbi menjelaskan proses pendaftaran diri sebagai driver airasia ride sangat mudah dilakukan cukup lewat smartphone saja. Bagaimana caranya?

Berikut panduan registrasi online pengemudi airasia ride:

1. Download aplikasi resmi airasia ride Driver di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS)

2. Buka aplikasi dan pilih "Pendaftaran driver"

3. Pilih kode negara Indonesia (+62) dan ketik nomor handphone Anda yang diawali dengan angka "8"

4. Masukkan empat digit kode OTP yang dikirimkan melalui SMS

5. Setelah proses verifikasi selesai, pilih "Bergabung sebagai driver"

6. Isi kelengkapan data pribadi, terdiri dari:

a. Nama

c. Tanggal lahir

d. Jenis kelamin

e. E-mail

f. Alamat tempat tinggal; diisi sesuai KTP untuk warga Provinsi Bali dan alamat domisili Bali bagi warga provinsi lain.

g. Status vaksinasi Covid; minimal vaksin dosis kedua

h. Unggah sejumlah dokumen dengan tampilan gambar yang jelas. Dokumen telah berhasil terunggah apabila lambang centang di sebelah kanan berubah menjadi warna merah. Dokumennya mulai dari foto pengemudi, KTP, SIM A aktif, NPWP, SKCK, Sertifikat vaksin 1-3, KEP (opsional, wajib disertakan jika ada), Surat keterangan sehat dari dokter (jika berusia di atas 55 tahun), dan pilih koperasi keanggotaan.

i. Isi kelengkapan data kendaraan yang terdiri dari, Nomor plat, produsen (merk), model kendaraan, tahun produksi mobil (minimal tahun 2012), warna mobil, masa berlaku STNK, unggah sejumlah dokumen dengan tampilan gambar yang jelas berupa STNK dan foto kendaraan (bagian depan dan belakang).

7. Isi kelengkapan informasi perbankan untuk pencairan dana yang terdiri dari, nama bank, nomor rekening, nama pemegang rekening wajib atas nama calon pengemudi sendiri, dan unggah foto buku tabungan atau M-Banking yang menunjukkan nama dan nomor rekening.

8. Isi kelengkapan data kontak darurat yang terdiri dari nama, nomor telepon, hubungan dengan calon pengemudi, dan alamat kontak.

9. Cek kembali akurasi informasi yang diberikan pada laman "Ringkasan", klik "Kirim" jika seluruh data telah terkonfirmasi benar.

10. Cek kembali akurasi informasi yang diberikan pada laman "Ringkasan", klik "Kirim" jika seluruh data telah terkonfirmasi benar.

11. Data yang telah dikirimkan akan melalui proses verifikasi oleh tim internal. Status pendaftaran dapat dilihat pada kotak "Inbox" di dalam aplikasi atau dikirimkan via SMS.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT