Mendag Jelaskan Soal 'Wortel Impor' di Pasar Keputran Surabaya

ADVERTISEMENT

Mendag Jelaskan Soal 'Wortel Impor' di Pasar Keputran Surabaya

Mega Putra Ratya - detikFinance
Sabtu, 12 Nov 2022 21:49 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan terus melakukan blusukan hingga ke Pasar Malam Keputran Surabaya. Ia memastikan harga kebutuhan pokok terus mengalami penurunan.
Foto: dok. Kemendag-Mendag Blusukan di Pasar Malam Keputran Surabaya
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memiliki pengalaman unik saat dia melakukan kunjungan di pasar. Dalam acara podcast Total Politik, dia menceritakan sempat ke sebuah pasar di Surabaya dan melakukan inspeksi mendadak.

"Saya sidak pasar pagi hari jam 2 pagi itu untuk yang grosir bawanya pakai truk atau colt, biasanya yang membeli itu yang mengecer, termasuk di pasar," kata dia, ditulis Sabtu (12/11/2022).

Zulhas menanyakan kepada salah satu pedagang asal wortel-wortel yang mereka jual itu. Dia kaget ketika pedagang menjawab jika wortel ini impor.

"Saya kaget masa wortel daunnya segar impor. Tapi mereka bilang lagi, iya pak impor dari Malang," ujar dia.

Momen ini juga dia unggah di akun resmi Instagramnya @zul.hasan. Saat kunjungan ke Pasar Keputran, dia diprank oleh pedagang setempat.

"Kalau di rumah biasanya saya yang prank karyawan, nggak nyangka sampai di Surabaya malah diprank balik sama pedagang pasar," tulisnya.

Menurut Zulhas kondisi di pasar merupakan cerminan rakyat Indonesia. Mulai dari realita kehidupan sampai tingkat kesejahteraan ada di pasar tradisional.

"Saya ini kan menteri perdagangan pasar becek. Karena ada juga menteri perdagangan dagang saham," imbuh dia.

Saat menjadi Mendag, Zulhas mengaku sudah menemui banyak masalah. Dia mengibaratkan di tempat itu sudah ada air bah. Mulai dari harga tandan buah segar yang hanya Rp 600, harga minyak hingga banyaknya tersangka dari kasus-kasus yang luar biasa.



Simak Video "Indonesia Menuju Pusat Perdagangan Produk Halal Dunia 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(mpr/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT