Mereka yang Batal Merapat di KTT G20, Putin hingga Elon Musk

ADVERTISEMENT

KTT G20

Mereka yang Batal Merapat di KTT G20, Putin hingga Elon Musk

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 14 Nov 2022 06:30 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin
Foto: Dok.detikcom
Jakarta -

Presidensi G20 Indonesia tinggal menghitung hari menuju puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada 15-16 November 2022 di Bali. Sejumlah tamu undangan hingga Kepala Negara anggota pun mulai berdatangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan berbagai persiapan acara KTT G20 sudah siap. Sebanyak 17 kepala negara direncanakan hadir kecuali Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Brasil Lula da Silva dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

"Persiapan KTT G20 sudah laporan bahwa semuanya sudah siap, 17 kepala negara hadir," kata Jokowi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali yang dilihat virtual, Minggu (13/11/2022).

Berdasarkan sumber lain, salah satu perwakilan dari Rusia disebut sudah hadir untuk menghadiri KTT G20 yakni Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov. Dia sebelumnya menghadiri The 2nd Joint Finance and Health Ministers Meeting (JFHMM) G20 secara langsung pada Sabtu (12/11) malam.

"Rusia Menteri Keuangannya sudah datang. Putin kan nggak datang," kata Deputi Jalur Keuangan G20 Wempi Saputra yang juga sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia.

Perwakilan dari Rusia lainnya adalah Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang sudah tiba di Bali pada Minggu (13/11) malam. Kehadirannya untuk mewakili Putin yang tidak datang.

Kedatangan Sergey di Bali terlihat dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden. Begitu turun dari pesawat, ia disambut Menteri BUMN Erick Thohir dan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

Elon Musk Batal Hadir, Jadinya Virtual

Selain Putin, orang penting lainnya yang batal ke Bali adalah Elon Musk. Padahal orang terkaya di dunia itu sebelumnya direncanakan hadir pada 14 November 2022 di acara B20 Summit Indonesia yang merupakan salah satu rangkaian acara sebelum puncak KTT G20.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Elon Musk jadinya hanya hadir secara virtual. Pemilik Tesla itu disebut akan memberikan sambutan dan tanya jawab selama 1 jam melalui Zoom.

"Iya jadi Elon Musk karena dia ada masalah cord tanggal 18 (November), dia harus hadir di cord. Dia akan berikan sambutannya melalui Zoom selama 1 jam dan tanya jawab," kata Luhut saat ditemui setelah acara Tri Hita Karana Forum Sustainable Development di BNDCC 1, Nusa Dua.

Luhut mengatakan Elon Musk akan hadir nanti pada Desember 2022. Pemilik produsen mobil listrik itu akan hadir di Jakarta. "Kemudian Desember dia akan datang sendiri ke Jakarta," ucapnya.

(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT