Segini Harga The Beast, 'Benteng Berjalan' yang Dipakai Joe Biden di Bali

ADVERTISEMENT

Segini Harga The Beast, 'Benteng Berjalan' yang Dipakai Joe Biden di Bali

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 14 Nov 2022 12:54 WIB
Cars transporting U.S. President Joe Bidens convoy drives along a road after Biden arrived at Ngurah Rai International Airport ahead of the G20 Summit in Nusa Dua, Bali, Indonesia, Sunday, Nov. 13, 2022. Indonesia will host the 17th G20 Summit in Nusa Dua, Bali, Nov. 15-16. The heads of state from 19 countries and the European Union (EU) are scheduled to attend the summit. Other related events will occur from Nov. 10. Around 6,500 delegates are also expected to participate in the summit. The main meeting will take place at Apurva Kempinski, while other event venues include Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park in South Kuta, Ngurah Rai Mangrove Forest in Denpasar, and Hotel Sofitel Bali Nusa Dua. (Photo by Garry Lotulung/NurPhoto via Getty Images)
The Beast/Foto: Garry Lotulung/NurPhoto/Getty Images
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggunakan mobil dinas kepresidenan yang dijuluki The Beast selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Adapun sebagai mobil presiden dengan perlindungan kelas wahid, mobil ini tentunya tidak murah.

Berapa harga mobil dinas Presiden AS Joe Biden ini?

Berdasarkan catatan detikcom, diketahui bahwa mobil ini dikabarkan menghabiskan biaya sebesar US$ 1,5 juta dalam pembuatannya. Jika dirupiahkan berarti harga The Beast tunggangan Joe Biden ini senilai Rp 23,4 miliar (kurs Rp 15.600/dolar AS).

Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan riset otomotif Inggris, MotorEasy menyebutkan, mobil dinas Presiden AS ini merupakan salah satu mobil pemimpin negara termahal di dunia.

Mobil Joe Biden ini lebih mahal daripada mobil Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Meski begitu, mobil dinas Presiden AS masih lebih murah dibanding mobil Ratu Elizabeth II, Pemimpin Korea Utara, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Sebagai salah satu dinas Presiden AS Joe Biden, spesifikasi kendaraan ini tentunya tidaklah main-main. The Beast ini memiliki bobot sekitar 6,3 ton hingga 9 ton.

Untuk mobil seberat ini, mesin diesel 5.000 cc menjadi andalannya. Alasan pemilihan mesin diesel untuk mobil Presiden Amerika Serikat adalah karena durabilitasnya. Disebutkan, bahan bakar solar memiliki volatilitas rendah yang mengurangi risiko meledak.

Untuk keamanan kepala negara, mobil ini dibekali dengan bodi antipeluru. Pintu mobil berlapis baja dengan ketebalan sekitar 20 cm. Jendelanya juga antipeluru dengan lapisan polikarbonat dan kaca setebal 12 cm. Konstruksi yang kokoh ini memberi mobil ini interior yang sangat aman bagi Presiden Amerika Serikat.

Sasis mobil dibuat dari pelat baja kuat tahan karat. Sasis dirancang khusus untuk bisa menahan serangan bom. Tangki bahan bakar juga antipeluru dan dilapisi dengan busa khusus jika terjadi ledakan.

Ban mobil dinas Joe Biden berbahan keras, Kevlar dan tahan tusukan. Jika ban diserang, mobil tetap bisa berjalan. Itu juga didukung pelek baja tahan karat kuat yang memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi jika ban mengalami kerusakan dalam serangan apa pun.

Mobil dinas kepresidenan Joe Biden memiliki suplai oksigen sendiri di dalam kabin. Untuk komunikasi, di dalamnya terdapat telepon satelit yang bisa terhubung langsung dengan Wakil Presiden dan Pentagon, markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Untuk keadaan darurat, selain The Beast, mobil Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang juga dikenal sebagai Cadillac One ini selalu menampung kantong darah dengan golongan darah Presiden.

Simak Video: 'The Beast' Tunggangan Joe Biden Selama KTT G20 Bali

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT