Usai Bicara soal KTT G20, Joe Biden Singgung Amerika Kembali Pimpin Dunia

ADVERTISEMENT

Usai Bicara soal KTT G20, Joe Biden Singgung Amerika Kembali Pimpin Dunia

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 14 Nov 2022 23:34 WIB
U.S. President Joe Biden listens during a meeting with Chinese President Xi Jinping on the sidelines of the G20 summit meeting, Monday, Nov. 14, 2022, in Bali, Indonesia. (AP Photo/Alex Brandon)
Foto: REUTERS/Kevin Lamarque: Momen pertemuan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping dalam ajang KTT G20 Bali
Nusa Dua -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan kembalinya posisi AS pada puncak dunia. Dalam hal ini menurutnya, AS berhasil membuktikan komitmennya dalam satu setengah tahun terakhir.

"Pada perjalanan luar negeri pertama saya tahun lalu, saya mengatakan 'America was back at home, back at the table, and back to Leading the world', dalam satu setengah tahun terakhir," kata Biden dalam sambutannya di Bali, dikutip melalui kanal Youtube The White House, Senin (14/11/2022).

"Kami telah menunjukkan persis apa artinya itu, Amerika menjaga komitmennya," sambungnya.

Dalam momentum perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 tersebut, Biden juga menyampaikan, menurutnya AS berhasil memperkuat kondisi dalam negerinya serta bekerja sama dengan para sekutunya dalam memberikan kontribusi nyata dalam membantu krisis dunia.

"Di masa krisis ini, tidak ada satupun negara yang memiliki posisi lebih baik untuk membangun masa depan sesuai dengan keinginan selain United States of America," lanjutnya.

Tidak hanya itu, Biden juga mengungkap beberapa isu yang menjadi sorotannya dalam KTT G20 esok hari, beberapa di antaranya yakni krisis dunia yang salah satu pemicunya ialah agresi militer Rusia ke Ukraina.

Ia juga bercerita tentang pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela perhelatan tersebut, salah satunya yakni membahas seputar kondisi geopolitik China dengan Taiwan.

Lihat juga Video: Joe Biden Bicara soal One China Policy di KTT G20

[Gambas:Video 20detik]




(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT