5 Daerah dengan Biaya Hidup Termurah di RI, Ada Kotamu?

ADVERTISEMENT

5 Daerah dengan Biaya Hidup Termurah di RI, Ada Kotamu?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2022 08:00 WIB
kabupaten
Foto: (Muhammad Yusuf Abduh/d'Traveler)
Jakarta -

Sebelum memutuskan untuk menetap di suatu tempat, tentunya kita harus bisa memperkirakan biaya hidup yang harus dikeluarkan. Hal ini berlaku bagi siapa saja. mulai dari pelajar hingga pekerja.

Melansir dari hasil Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat beberapa daerah yang memiliki biaya hidup murah di Indonesia. Berikut ini merupakan daftarnya.

1. Waingapu

Waingapu merupakan daerah yang berada di Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota ini dikenal memiliki panorama alam yang indah dan memiliki beberapa objek wisata seperti Pantai Walakiri, Air Terjun Waimarang, Bukit Wairinding, dan lainnya.

Berdasarkan survei BPS pada tahun 2018, biaya hidup yang dikeluarkan per bulannya sekitar Rp 1,4 juta per orangnya. Pada tahun yang sama, UMK Waingapu yaitu sebesar Rp 1,6 juta.

2. Tual

Selanjutnya ada Kota Tual. Tual berada di Provinsi Maluku. Kota ini merupakan dataran rendah dengan ketinggian kurang lebih 100 mdpl dan beberapa bukit rendah di sebagian besar Pulau Kur dengan ketinggian sekitar 115 mdpl. Pulau/Kepulauan Tual terbentuk dari tanah dan batuan berjenis karst.

Biaya hidup per bulan di Kota Tual yaitu Rp 1.599.141 per orangnya. Meski demikian, UMK di kota ini per tahun 2018 sekitar Rp 2 juta.

3. Maumere

Maumere merupakan ibukota dari Kabupaten Sikka yang terletak di Pulau Flores. Kabupaten Sikka sendiri dikenal memiliki tempat pariwisata yang indah, di antaranya yaitu Pantai Kajuwulu, Pantai Koka, Patung Segala Bangsa, dan lainnya.

Biaya hidup yang dikeluarkan di Maumere kurang lebih sebesar Rp 1.621.339. Adapun UMK di Maumere per tahun 2018 yaitu Rp 1.660.000.

4. Lubuklinggau

Lubuklinggau berada di Provinsi Sumatera Selatan. Berdasarkan hasil survei BPS tahun 2018, biaya hidup di kota ini per bulannya sebesar Rp 1.662.035 per orang. Adapun UMK pada tahun yang sama yaitu sekitar Rp 2,8 juta.

5. Singaraja

Singaraja merupakan ibukota Kabupaten Buleleng, Bali. Bagi kalian yang tertarik untuk menetap di Bali mungkin bisa menjadikan Singaraja sebagai pilihan. Pasalnya, biaya hidup di Singaraja dapat dibilang ramah di kantong yaitu Rp 1.683.382. Adapun UMK di Singaraja per tahun 2018 yaitu sekitar Rp 2,1 juta.

Itulah 5 daerah dengan biaya hidup termurah di Indonesia berdasarkan survei biaya hidup yang dikeluarkan oleh BPS tahun 2018.

Simak juga Video: 3 Cara Hadapi Kenaikan Harga BBM dan Biaya Hidup Versi Sandiaga Uno

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT