d'Mentor: KTT G20 di Indonesia, Warga dapat Apa?

ADVERTISEMENT

d'Mentor: KTT G20 di Indonesia, Warga dapat Apa?

Vandy Yansa - detikFinance
Kamis, 17 Nov 2022 14:14 WIB
Jakarta -

Indonesia sukses menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Perhelatan yang berlangsung pada15-16 November 2022 tersebut dihadiri sejumlah kepala negara, diantaranya Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden RRC Xin Jinping, PM Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau hingga PM Australia Anthony Albanese. Tidak hanya sekedar acara kenegaraan biasa, KTT G20 ini menghasilkan 52 poin deklarasi bersama antar negara yang termuat dalam dokumen deklarasi berjudul G20 Bali Leaders Declaration.

"Kepemimpinan Indonesia berhasil menghasilkan deklarasi pemimpin G20, G20 Bali Leader Declaration yang awalnya diragukan banyak pihak. Deklarasi terdiri atas 52 paragraf," ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers usai menutup KTT G20 di Bali, Rabu (16/11).

Agenda KTT G20 menjadi ajang pembuktian di tengah kondisi pandemi dan ancaman resesi global di mata internasional, yang mana Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang menjadi anggota G20. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pertemuan G20 memberikan banyak dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

"KTT G20 akan memberikan manfaat bagi Indonesia. Diperkirakan kontribusi G20 mencapai US$ 533 juta atau sekitar Rp 7,5 triliun terhadap PDB Indonesia tahun 2022," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Sabtu (12/11/2022).

Lalu bagaimana para ekonom Indonesia melihat dampak positif dari KTT G20? Akankah event G20 dapat menggerakkan roda perekonomian yang tengah jalan lambat? Apakah event ini dapat menjaring investor-investor luar untuk investasi di Indonesia? Manfaat apa yang bisa dirasakan penduduk Indonesia dalam jangka pendek dan panjang dengan adanya G20?

d'Mentor kali ini akan membahas bagaimana KTT G20 mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat. Menghadirkan Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF), saksikan secara langsung d'Mentor dengan tema "KTT G20 di Indonesia, Warga Dapat Apa?" di laman web serta kanal Youtube detikcom malam ini pukul 19.00 WIB. Bagi anda yang ingin ambil bagian dalam diskusi, sampaikan pertanyaan anda melalui kolom komentar atau bergabung melalui link zoom yang tertera di sepanjang acara.

(vys/ed)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT