Xi Jinping Tegur Trudeau, Begini Kekuatan Ekonomi China vs Kanada

ADVERTISEMENT

Xi Jinping Tegur Trudeau, Begini Kekuatan Ekonomi China vs Kanada

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 17 Nov 2022 15:23 WIB
Xi Jinping marahi Justin Trudeau, ada apa ini ribut-ribut? (Adam Scott/Prime Minister Office/Reuters via CNN)
Foto: Xi Jinping marahi Justin Trudeau (Adam Scott/Prime Minister Office/Reuters via CNN)
Jakarta -

Ada momen tak biasa terjadi dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Presiden China Xi Jinping tertangkap kamera tampak menceramahi Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Seperti dilansir dari CNN, Kamis (17/11/2022), penerjemah Xi Jinping menyebut ada 'diskusi yang bocor ke publik'. Tampak gerakan tangan Xi Jinping dalam gestur seperti menekankan apa yang ia sampaikan.

"Semua yang kita diskusikan telah bocor ke dokumen dan itu tidak pantas," kata penerjemah Xi Jinping.

"Dan itu bukanlah cara pembicaraan dilakukan," kata penerjemah Xi Jinping.

Terlepas dari itu, kekuatan ekonomi masing-masing negara yang dipimpin Xi Jinping dan Trudeau menarik untuk dikulik. Seperti apa?

Dikutip dari data Bank Dunia, gross domestic product (GDP) atau produk domestik bruto China pada tahun 2021 sebesar US$ 17,73 triliun. PDB sendiri merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi. PDB merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu negara.

Lebih lanjut, untuk PDB per kapita China tercatat US$ 12.556,3. Lalu, pertumbuhan ekonomi China tercatat mencapai 8,1%.

Sementara, jumlah pengangguran di China tercatat sebesar 4,8% dari total angkatan kerja. Kemudian, inflasi pada tahun 2021 sebesar 1%.

PDB Kanada jauh di bawah China. Pada tahun yang sama, PDB Kanada tercatat US$ 1,99 triliun. Meski demikian, PDB per kapita lebih tinggi yakni US$ 52.051,4.

Kanada mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 4,6%. Lalu, jumlah pengangguran sebesar 7,5% dari total angkatan kerja dan inflasi 3,4%.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT