Sistem Terminal Peti Kemas JICT Terganggu, Ternyata Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Sistem Terminal Peti Kemas JICT Terganggu, Ternyata Ini Penyebabnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 18 Nov 2022 22:20 WIB
JICT tambah fasilitas bongkar muat yakni dua unit crane terbaru dengan teknologi modern. Tambahan alat baru ini guna tingkatkan produktivitas terminal tersebut.
Jakarta International Container Terminal (JICT)Foto: Pradita Utama
Jakarta -

PT Jakarta International Container Terminal (JICT) terus berupaya memperbaiki sistem operasional terminal peti kemas yang mengalami gangguan sejak Kamis (17/11).

Sekretaris Perusahaan PT Jakarta International Container Terminal (JICT) Raditya Arrya menjelaskan bahwa pada Jumat ini (18/11) tim JICT sudah mulai melakukan pelayanan secara online.

"Terima kasih kepada para pelanggan, stakeholders dan mitra kerja JICT atas pengertiannya selama proses perbaikan sistem operasional JICT. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan dan dampak yang timbul akibat gangguan pada sistem operasional JICT," jelas Raditya Arrya melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (18/11).

Berdasarkan hasil investigasi internal, penyebab dari gangguan terhadap sistem operasional terminal JICT adalah serangan cyber.

Menurut Raditya gangguan terhadap sistem operasional terminal ini merupakan yang pertama kali terjadi sejak perusahaan mengaplikasikan sistem operasional terminal secara digital dan terintegrasi langsung ke terminal petikemas.

Bersamaan dengan proses perbaikan, JICT juga melakukan evaluasi menyeluruh agar peristiwa ini tidak terulang lagi di masa depan.

"JICT selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas sistem operasional terminal dan layanan pelanggan. Target kami adalah memastikan bahwa setiap aktivitas bongkar muat di terminal container JICT menjadi semakin aman, efisien dan memberikan manfaat yang optimal kepada pelanggan, stakeholders, mitra kerja JICT dan perekonomian nasional," tutur Raditya.

(kil/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT