Alasan GoTo & Ruangguru PHK Diragukan, Pengamat: Buka Laporan Keuangan Anda

ADVERTISEMENT

Alasan GoTo & Ruangguru PHK Diragukan, Pengamat: Buka Laporan Keuangan Anda

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 20 Nov 2022 14:15 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Alasan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) diragukan. Kedua perusahaan beralasan tekanan perekonomian global menjadi salah satu pemicu utamanya.

Akademisi dan Pakar Bisnis Profesor Rhenald Kasali meragukan alasan tersebut. Jika benar dia meminta perusahaan membeberkan secara jelas laporan keuangan. Sebab dia menduga salah satu penyebabnya adalah bakar uang.

"Buka laporan keuangan Anda, jelaskan sebaik-baiknya, atau jangan-jangan Anda bakar duitnya memang berlebihan. Sekarang situasinya online to offline, tidak hanya cukup hanya online semua," terangnya dalam konten video di akun Youtubenya dikutip, Minggu (20/11/2022).

Rhenald meragukan alasan yang dibuat perusahaan startup tersebut. Sebab seharusnya selama masa pandemi COVID-19 mereka diuntungkan.

"Benarkah itu terjadi pada mereka karena situasi ekonomi global? Saya kok ragu-ragu ya. Kalau saya lihat memang selama pandemi banyak sekali mereka diuntungkan. Semua orang menggunakan jasa mereka. Tetapi apa itu sustain?" tuturnya dalam konten video di akun Youtubenya dikutip, Minggu (20/11/2022).

Rhenald mengaku ragu karena memang pada kenyataannya selama masa pandemi, ketika semua orang tidak bisa keluar rumah, layanan antar makanan dan barang yang diberikan GoTo sangat dibutuhkan.

Dia menduga apa yang terjadi dengan startup bahkan yang sudah raksasa seperti GoTo bukan karena situasi ekonomi global tapi karena bakar duit yang terlalu berlebihan.

"Yang pertama mungkin bakar duitanya secara berlebihan. kalau bakar duit secara berlebihan ini yang terjadi, kompetisi di antara mereka," ucapnya.

"Ingat resesi itu tidak selalu berdampak pada semua bangsa di seluruh dunia. Jangan mencari kambing hitam, barang kali kita sendiri yang miss management," tambahnya.

Dalam pernyataan GoTo yang diterima detikcom, Jumat (18/11/2022) dijelaskan, tantangan makro ekonomi global berdampak signifikan bagi para pelaku usaha di seluruh dunia.

"GoTo, seperti layaknya perusahaan besar lainnya, perlu beradaptasi untuk memastikan kesiapan perusahaan menghadapi tantangan ke depan," tulis perusahaan.

Sementara dalam keterangan resmi Ruangguru, perusahaan tak menyebutkan berapa banyak tepatnya karyawan yang terkena PHK. Perusahaan menyebutkan PHK dilakukan karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis.

"Hari ini Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sebagian pegawai Ruangguru. Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis," tulis penjelasan Corporate Communications Team Ruangguru yang diterima detikcom di hari yang sama.

Di sisi lain Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menduga PHK yang terjadi di GoTo karena imbas dari merger yang dilakukan Gojek dengan Tokopedia. Sehingga ada duplikasi karyawan di beberapa bagian.

Menariknya, Heru juga mencurigai ada tekanan efisiensi atau PHK yang dilakukan GoTo karena kinerja sahamnya yang terbilang mengecewakan. Dengan efisiensi para investor di pasar modal akan percaya kinerja keuangan perusahaan akan lebih sehat.

"Namun, tekanan saham GoTo juga bisa menjadi faktor bahwa perusahaan harus mulai efisien dan IPO bukanlah akhir dari perjalanan GoTo tapi bagaimana juga survive di tengah bisnis digital dunia yang melesu. Seperti Facebook, Twitter, Microsoft, Amazon, sudah juga melakukan PHK," ucapnya kepada detikcom, Minggu (20/11/2022).

(das/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT