Munas Hipmi di Solo Mau Cari Ketum Baru, Eh Malah Diwarnai Adu Jotos

ADVERTISEMENT

Munas Hipmi di Solo Mau Cari Ketum Baru, Eh Malah Diwarnai Adu Jotos

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 22 Nov 2022 13:20 WIB
HIPMI
Munas Hipmi di Solo Mau Cari Ketum Baru, Eh Malah Diwarnai Adu Jotos/Foto: 20Detik
Jakarta -

Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) jadi sorotan. Kericuhan terjadi di sela-sela munas yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah.

Bahkan, dalam video yang beredar nampak peserta munas terlihat saling jotos hingga saling lempar alat katering dalam kericuhan yang terjadi. Salah satu agenda Munas Hipmi yang ke-17 ini adalah untuk melakukan pemilihan ketua himpunan yang baru.

Ketiga caketum yang tengah berkontestasi yakni Wakil Ketua Umum BPP HIPMI Akbar Himawan Buchari, Sekretaris Jenderal Bagas Adhadirgha, serta Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI Anggawira.

Sebelum acara puncak Munas Hipmi dilakukan pun ketiga calon ketua baru itu sudah melakukan debat resmi yang membahas visi misi ketiga calon.

Acara dikemas selama satu jam dengan menghadirkan sejumlah panelis untuk menguji para kandidat. Keempat panelis tersebut adalah Ketua Umum BPP HIPMI Periode 1972-1973 yang juga Founder/Pendiri Hipmi Abdul Latief, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, serta Ekonom yang juga Guru Besar Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JIE FEB UB) Ahmad Erani Yustika.

Munas Hipmi berlangsung selama tiga hari, 21-23 November 2022. Munas tersebut sempat dibuka juga oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), kepala negara menekankan agar para pengusaha menjaga agar kondisi politik tetap adem. Namun kini Munas HIPMI XVII justru diwarnai kericuhan.

"Saya titip dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini kita harus semua menjaga agar kondusivitas situasi politik itu tetap adem kalau bisa kalau bisa nggak paling banter ya anget tapi jangan panas," ujar Jokowi dikutip melalui saluran Youtube HIPMI TV, Senin (21/11/2022).

Dikutip dari detikJateng, Ketua Organizing Committee (OC) Munas Hipmi XVII, Muhammad Ali Affandi, membenarkan kejadian kericuhan tersebut. Ia mengatakan, kericuhan diduga terjadi karena adanya kesalahpahaman.

"Kejadian itu di luar, kejadian sudah selesai sidang pleno ditutup. Di jalan keluar gitu, kalau saya lihat miskomunikasi, salah paham," kata Ali, Selasa (22/11/2022).

Simak video 'HIPMI XVII Solo Ricuh, Sejumlah Peserta Adu Jotos':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT