6 Fakta Munas Hipmi Ricuh hingga Adu Jotos

ADVERTISEMENT

6 Fakta Munas Hipmi Ricuh hingga Adu Jotos

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 23 Nov 2022 06:30 WIB
HIPMI
Foto: 20Detik
Jakarta -

Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Indonesia (HIPMI) XVII di Solo, Jawa Tengah, heboh diperbincangkan publik. Pasalnya, acara yang digelar dari 21 s.d 23 November 2022 ini berakhir ricuh hingga diwarnai adu jotos.

Berikut beberapa fakta menyangkut kericuhan Munas Hipmi yang dirangkum detikcom.

1. Adu Jotos Hingga Lempar Alat Catering

Kericuhan di lokasi berhasil tertangkap kamera, hingga videonya tersebar di media sosial. Dalam video berdurasi kurang dari 1 menit itu, disaksikan Selasa (22/11/2022), tampak sejumlah pengusaha berkumpul di sebuah ruangan dengan latar bertuliskan Munas XVII. Dikabarkan peristiwa tersebut terjadi saat Munas Hipmi.

Para peserta Munas berpakaian batik ini beramai-ramai menyaksikan aksi saling pukul sejumlah oknum. Bahkan, terlihat beberapa peserta saling lempar alat catering. Beberapa orang pun nampak berusaha melerai pihak-pihak yang bertikai tersebut, diiringi suara-suara teriakan. Diduga, ada lebih dari dua orang yang saling pukul dalam kejadian tersebut.

2. Bertepatan Dengan Pemilihan Ketua Umum Baru

Munas HIPMI XVII berlangsung selama 3 hari ini digelar sebagai salah satu rangkaian pemilihan Ketua Umum Hipmi 2022-2025.

Ketiga Caketum yang tengah berkontestasi antara lain Wakil Ketua Umum BPP HIPMI Akbar Himawan Buchari, Sekretaris Jenderal Bagas Adhadirgha, serta Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI Anggawira.

Sebelum acara puncak Munas Hipmi dilakukan pun ketiga calon ketua baru itu sudah melakukan debat resmi yang membahas visi misi ketiga calon.

3. Jokowi Sempat Minta Pengusaha Jaga Situasi Tetap Adem

Sebelum peristiwa adu jotos itu terjadi, Jokowi memberikan banyak arahan kepada pengusaha hingga tokoh yang hadir saat membuka acara tersebut. Bahkan, Jokowi sempat meminta agar semua pihak bisa menjaga situasi tetap adem.

"Saya titip dalam kondisi dunia yang sangat rentan seperti ini kita harus semua menjaga agar kondusifitas situasi politik itu tetap adem kalau bisa kalau bisa nggak paling banter ya anget tapi jangan panas," ujar Jokowi, dikutip melalui kanal Youtube HIPMI TV, Senin (21/11/2022).

Namun sayang, meski sudah diingatkan Jokowi berulang kali, namun Munas Hipmi tersebut malah berakhir ricuh.

Baca halaman berikutnya



Simak Video "HIPMI XVII Solo Ricuh, Sejumlah Peserta Adu Jotos"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT