SIRCLO Baru PHK Karyawan, Situsnya Masih Buka Segudang Lowongan Kerja

ADVERTISEMENT

SIRCLO Baru PHK Karyawan, Situsnya Masih Buka Segudang Lowongan Kerja

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 23 Nov 2022 11:44 WIB
Sirclo
SIRCLO/Foto: Dok Sirclo
Jakarta -

Perusahaan omnichannel commerce enabler, SIRCLO Group, telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ke karyawannya per 22 November 2022 kemarin. Ada 8% karyawan yang terkena dampak PHK tersebut.

SIRCLO jadi perusahaan terbaru yang mengambil langkah PHK kepada karyawannya. Perusahaan beralasan, langkah PHK diambil untuk bisa mempertahankan kelangsungan bisnis jangka panjang di tengah ancaman tantangan ekonomi yang mungkin terjadi di masa depan.

"Sebagai perusahaan teknologi yang berkembang pesat, SIRCLO Group berupaya untuk terus adaptif dalam melakukan penyesuaian bisnis agar mencapai pertumbuhan jangka panjang," kata Founder dan CEO SIRCLO Group Brian Marshal dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (22/11) kemarin.

Namun anehnya, meski perusahaan sudah melakukan PHK, situs resmi SIRCLO justru masih membuka sejumlah lowongan pekerjaan. Dilihat detikcom di laman sirclo.id/careers, Rabu (23/11), per pukul 11.00 WIB, ada 21 departemen di SIRCLO yang membuka lowongan pekerjaan, mulai dari bagian finance atau keuangan, hingga desain.

Dari 21 departemen tersebut, ada 60 posisi lowongan pekerjaan yang dicari, termasuk 2 posisi internship atau magang di dalamnya. Posisi-posisi yang ditawarkan itu untuk ditempatkan di sejumlah lokasi, mulai dari Tangerang Selatan, Jakarta, Palembang, hingga Medan. Hal ini berbanding terbalik dengan langkah perusahaan yang melakukan PHK.

Diketahui sebelumnya, selain PHK, perusahaan juga mengaku melakukan penyesuaian proses bisnis agar bisa lebih efisien. "Dalam situasi kondisi makro ekonomi yang menantang, SIRCLO Group telah melalui serangkaian evaluasi internal dan akan melakukan perubahan yang signifikan, terutama dalam aspek fokus bisnis, untuk memastikan sustainability perusahaan," kata Brian Marshal.

Meski demikian, ia mengatakan keputusan PHK yang diambil tidak mempengaruhi komitmen perusahaan dalam mengembangkan solusi terbaik bagi seluruh segmen penerima layanan SIRCLO. Untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang, kini seluruh aspek bisnis SIRCLO Group berada dalam tahap optimalisasi, salah satunya dengan menitikberatkan pengembangan lini bisnis e-commerce enabler yang melayani klien berskala besar atau enterprise.

Sejumlah unit bisnis SIRCLO Group yang menargetkan segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan berfokus pada aspek operasional yang bersifat esensial, dengan tujuan menunjang pertumbuhan seluruh segmen penerima layanan di dalam ekosistemnya.

Penjelasan SIRCLO

Menanggapi hal tersebut, SIRCLO menjelaskan lowongan pekerjaan yang tertera dalam situs resmi perusahaan merupakan lowongan lama yang belum ditutup. Kini, SIRCLO sudah memperbarui laman resmi perusahaan dan menghilangkan lowongan kerja yang sebelumnya tertera.

"Pasca-langkah efisiensi yang berdampak pada pemutusan hubungan kerja terhadap 8% dari total karyawan pada 22 November 2022, SIRCLO sedang tidak membuka lowongan kerja. Adapun pembaharuan yang telah kami lakukan pada laman lowongan tersebut pada hari ini (23/11), per pukul 12.00 WIB," jelas Corporate Communications SIRCLO kepada detikcom.

Lihat Video: Badai Resesi Picu PHK Massal, Begini Tanggapan Warga

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT