ADVERTISEMENT

Dukung IdeaFest, Sandiaga Uno Kasih Pesan Begini

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 24 Nov 2022 18:44 WIB
IdeaFest
Foto: IdeaFest (Shafira Cendra Arini/detikcom)
Jakarta -

IdeaFest 2022 kembali di gelar secara offline. Mengusung tema "Re:ality Re:defined", acara ini menghadirkan lebih dari 100 sesi talkshow dengan lebih 300 pembicara. IdeaFest digelar demi mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Dalam Konferensi Pers IdeaFest 2022, Co-Chairman IdeaFest 2022, Ben Soebiakto mengatakan, acara ini menghadirkan konference dan talkshow. Namun di tahun ini, tersedia pula berbagai program lainnya dengan tema berbeda, seperti tren NFT, kesenian, gaya hidup sustainable, kuliner, dan musik.

"Karena kita ingin orang terinspirasi dengan IdeaFest ini ada real entrepreneur yang lahir, ada ide yang tercipta," katanya, di Jakarta Convention Center, Kamis (23/11/2022).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Ia menyampaikan, ada 3 poin utama yang harus dilakukan para muda-mudi untuk berkembang, salah satunya ialah melalui kolaborasi. Dalam hal ini, IdeaFest menjadi salah satunya.

"Inovasi, never stop innovating. Adaptasi, selalu fleksibel, karena life change almost constantly, jadi kita harus terus beradaptasi. Dan yang ketiga kolaborasi. Ini ruang kolaborasi," ujar Sandiaga Uno.

Sandi juga turut menekan pentingnya transformasi ekonomi digital dengan mendorong up-skilling, re-skilling dan nes-skillimg. Di mana saat ini, dari total kontribusi ekonomi kreatif ke ekonomi negara, Indonesia menduduki posisi ke-3 di dunia, setelah Amerika Serikat di urutan pertama dan Korea Selatan di nomor 2.

"Nah Indonesia sekarang dengan 7,4% kita menjadi posisi 3 besar dunia," ucap Sandi.

"It's a matter of time, karena kita besar populasinya dan marketnya besar, kita akan ambil alih dalam waktu, my own projection, 5 tahun dari sekarang Indonesia akan menggantikan Korea untuk menjadi nomor 2 di dunia," lanjutnya.

Mengenai tenaga kerja kreatif Indonesia, Sandi menyebut, pihaknya akan membuka sebanyak 700 ribu lapangan kerja, sehingga total Parekraf telah menambah sekitar 1,1 juta lapangan kerja di 2022 ini.


"Jadi semua, never stop inovating, adapting, and collaborating," tandasnya.

Lihat juga Video: IdeaFest: Ajang Kumpul Bagi yang Ingin Mengembangkan Diri

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT