Jurus Pemerintah Cegah Harga Pangan Meroket Saat Nataru

ADVERTISEMENT

Jurus Pemerintah Cegah Harga Pangan Meroket Saat Nataru

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Sabtu, 26 Nov 2022 16:56 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: Dok. Golkar: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Jakarta -

Menjelang Natal dan tahun baru (Nataru) biasanya terjadi lonjakan harga, baik harga pangan maupun transportasi. Dalam mengantisipasi hal tersebut, diperlukan langkah untuk menekan lonjakan harga.

Pada hari Jumat (25/11/2022), Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Pontianak, Kalimantan Barat.

Dalam rakortas tersebut, pembahasan difokuskan pada pengendalian inflasi di kawasan Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Hal tersebut mempertimbangkan karakteristik inflasi dan letak kawasan sebagai daerah perbatasan dengan tantangan geografis tersendiri.

Kebijakan pengendalian inflasi pada kawasan tersebut difokuskan pada ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi dengan dukungan ketersediaan infrastruktur.

"Pemerintah meminta agar Pemerintah Daerah menggunakan dana daerah terutama untuk mendukung logistik, tadi ada beberapa daerah yang belum menggunakan dana tersebut. TPIP akan membuat surat, agar ini bisa dimanfaatkan dan kemudian beberapa hal yang menjadi catatan bahwa ke depan inflasi ini perlu ditangani secara lebih baik agar pertumbuhan ekonomi kita bisa berkualitas. Itu bisa dicapai kalau inflasinya bisa ditekan," ungkap Menko Airlangga, dikutip dari situs resmi Kementerian Koordinator Perekonomian, Sabtu (26/11/2022).

Airlangga juga menyampaikan arahan lainnya kepada daerah untuk melakukan perluasan kerja sama antar daerah (KAD) intra kawasan guna mengurangi disparitas harga dan mendistribusikan pasokan dari daerah surplus ke daerah defisit.

Selain itu, optimalisasi pelaksanaan Operasi Pasar atau Bazar Pangan Murah maupun KPSH juga perlu dilakukan untuk memastikan keterjangkauan harga dengan melibatkan berbagai stakeholders.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT