Udah Mau Desember, Konon BLT BBM Tahap 2 Segera Cair

ADVERTISEMENT

Udah Mau Desember, Konon BLT BBM Tahap 2 Segera Cair

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 27 Nov 2022 22:00 WIB
Infografis 2 senjata redam gejolak kenaikan harga BBM
Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim
Jakarta -

Bulan Desember tinggal hitungan hari. Itu artinya kabar baik segera datang karena BLT BBM tahap 2 segera cair.

Pemerintah menyatakan, BLT BBM yang telah disalurkan baru setengah dari alokasi anggaran. Setengahnya lagi akan dicairkan pada Desember 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alokasi anggaran untuk BLT BBM sebesar Rp 12,4 triliun. Sementara, hingga akhir Oktober 2022 sudah terealisasi Rp 6,21 triliun.

Sri Mulyani mengatakan, model penyaluran setengah alokasi anggaran ini memang disengaja dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos). Sisa alokasi BLT BBM akan dibayarkan pada Desember 2022.

"Ini sekarang sudah direalisir Rp 6,21 triliun karena memang Kementerian Sosial sengaja membayarkannya separuh dulu dan nanti separuh akan mulai dibayarkan pada bulan Desember ini," katanya dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Kamis (24/11/2022) lalu.

Sri Mulyani menuturkan, realisasi penyaluran BLT BBM akan mencapai Rp 12,4 triliun sampai akhir tahun. Dia berharap, adanya BLT BBM ini membantu masyarakat terutama kelompok masyarakat bawah.

"Jadi nanti realisasinya akan mencapai Rp 12,4 triliun tapi penyaluran sampai dengan akhir Oktober memang dibuat dan didesain separuh dulu," ujarnya.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT