Ma'ruf Amin Bakal Resmikan Tempat Pelatihan Tenaga Kerja di Papua

ADVERTISEMENT

Ma'ruf Amin Bakal Resmikan Tempat Pelatihan Tenaga Kerja di Papua

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 28 Nov 2022 21:45 WIB
Somatua Training Center
Foto: Dok. Somatua Training Center
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan akan meresmikan tempat pelatihan tenaga kerja, Somatua Training Center Papua. Rencananya, peresmian dilakukan pada Rabu (30/11) nanti.

Somatua Training Center merupakan tempat pelatihan kerja yang didirikan oleh Maximus Tipagau sejak tahun 2020. Didirikan oleh putra asli Papua, Somatua Training Center akan menjadi pembekalan untuk para tenaga kerja asli Papua khususnya di bidang pertambangan.

"Sekarang kami sedang lakukan persiapan karena Bapa Wapres dipastikan hadir saat peresmian bersamaan dengan beberapa agenda beliau di Kabupaten Mimika," jelas Maximus, dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

"Tempat ini tentunya akan menjadi salah satu pusat pelatihan yang bermutu, sesuai dengan standar kompetensi baik untuk pelatihan soft skill maupun hard skill bagi masyarakat Papua," lanjutnya.

Somatua Training Center memiliki Izin Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Tempat latihan itu juga sudah terdaftar di Kementerian Ketenagakerjaan.

"Karena ketika bicara percepatan pembangunan maka mau tidak mau bicara soal pembangunan SDM-nya. Kami sudah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah baik di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dan Distrik untuk menjadi mitra bagi pengembangan dan kemajuan bersama masyarakat asli Papua," tegas Maximus.

Somatua Training Center diharapkan bisa meningkatkan kesempatan masyarakat Papua, terutama Tujuh Suku yang ada di Mimika, agar memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan sekaligus mengurangi pengangguran.

Harapannya tempat pelatihan itu bisa mempersiapkan kandidat untuk memiliki soft skill dan hard skill serta meningkatkan kompetensi, produktivitas, kemandirian, dan memahami perlindungan kerja.

Dalam kurun waktu Februari 2020 sampai Januari 2022, Somatua Training Center menyelenggarakan training untuk 5 angkatan dengan jumlah total siswa sebanyak 150 orang.

Saat ini masih berlangsung training intake 5 di bulan Januari 2022 dengan penerimaan siswa angkatan ke 5 sebanyak 46 orang untuk 7 jurusan (Electrical, Konstruksi, Welder, Drilling, Operator Alat Berat (Excavator) Safety K3, dan Mekanik).

Sebagian peserta yang telah menyelesaikan training di Somatua Training Center sudah bekerja di area operasi PT. Freeport Indonesia.

Somatua Training Center membuka tujuh jurusan yakni operator alat berat (excavator, mekanik, welder, electrical, konstruksi, safety K3, drilling, dan pipe fitter yang kesemuanya itu total menjadi 14 program. Keseluruhan program Somatua Training Center telah Terakreditasi.

Lokasi Somatua Training Center berada di kota Timika, tepatnya di Jalan Cendrawasih KM 3,5 SP II, Timika, Papua. Titik tersebut masih termasuk pada jangkauan pusat kota sehingga mudah diakses oleh peserta pelatihan.

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT