Kenapa Indomie Sangat Populer di Nigeria? Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Kenapa Indomie Sangat Populer di Nigeria? Ini Alasannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 29 Nov 2022 10:04 WIB
Keren! Indomie Jadi Mie Instan Terenak Versi Media Australia, Kalahkan Mie Instan Malaysia
Ilustrasi Indomie/Foto: iStock/Nine AU
Jakarta -

Siapa tak kenal Indomie? Merek mie instan keluaran Indofood ini sudah banyak dikenal hampir semua orang Indonesia. Produknya mie instan goreng dan rebus dengan beragam pilihan rasa.

Sebagai salah satu brand mi instan terfavorit, Indomie nyatanya bukan cuma populer di Indonesia. Sudah banyak negara yang mengenal produk ini sebagai salah satu produk mi instan yang menjadi pilihan.

Dalam situs Indomie disebutkan, produk ini telah hadir di 80 negara di dunia, seperti Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Asia, Eropa, Timur Tengah bahkan hingga Afrika. Dari sekian banyak negara, salah satu yang paling menggemari Indomie adalah Nigeria.

Lantas mengapa Indomie sangat populer di sana?

Pada catatan detikcom 2 Juni 2017 lalu, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Thomas Tjhie menyebut, salah satu penjualan Indomie terbesar ada di Afrika, khususnya di Nigeria. Di sana, Indomie menguasai pasar hingga 70%.

"Untuk di Afrika paling besar di Nigeria, Indomie di sana menguasai pasar sekitar 70%," tuturnya.

Dalam catatan detikcom, sebelumnya Direktur INDF Franciscus Welirang sempat mengatakan rahasia banyaknya penggemar Indomie di di Afrika lantaran kepraktisan untuk masyarakat di Benua Hitam tersebut.

Selain itu, pihaknya memang menciptakan varian rasa yang berbeda di sana. Khusus di Afrika dan Timur Tengah, pihaknya bahkan sudah memiliki pabrik sendiri.

"Kelihatannya suka, cocok, saya kira satu tata cara bisa disimpan, tata cara menyajikan lebih cepat tentunya menyesuaikan rasa mereka. Kalau di sana (Nigeria) hampir 80%. Ada di Eropa, Eropa Timur, Amerika Selatan, semua seluruh dunia. Ekspor langsung dari Indonesia," ujar Franciscus ditemui di Indogrosir Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Jumat (9/6/2017) silam.

Indomie memang menjadi salah satu produk tersohor di negara tersebut. Bahkan, di Nigeria ada organisasi pecinta Indomie yang bernama Indomie Fans Club (IFC).

Bukan hanya itu, Indomie yang di sana diproduksi oleh Dufil Prima Foods Plc juga memperoleh status mie instan yang paling laris di Afrika. Penobatan itu diberikan oleh Kantar World Panel.

Nyatanya, Indomie memang cukup lama dikenal di Nigeria. Pertama kali Indomie masuk ke negara Afrika Barat pada tahun 1988. Kemudian tahun 1995, Indomie mendirikan pabrik pertamanya di Nigeria.

Tak hanya Nigeria, Indomie juga telah dirasakan di benua Afrika lainnya seperti di Mesir. Dalam situs Indomie Mesir dijelaskan, masyarakat Mesir mengenal Indomie sekitar tahun 1990-an. Kuatnya posisi Indomie di Afrika ini menunjukkan jika hal yang wajar produk tersebut tersedia di berbagai negara di benua Afrika.

Namun, yang mencengangkan adalah Indomie menjadi barang bernilai sampai-sampai digunakan untuk transaksi seks. Indomie disebut-sebut sebagai pemicu tingginya angka kelahiran di Ghana.

Lihat juga video 'Mantap! Indomie Masuk Daftar Mie Instan Goreng Terbaik di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT