Berapa Harga Hak Siar Piala Dunia 2022? Ditaksir Sebesar Ini!

ADVERTISEMENT

Berapa Harga Hak Siar Piala Dunia 2022? Ditaksir Sebesar Ini!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 30 Nov 2022 12:18 WIB
Ghana menaklukkan Korea Selatan dalam laga seru di lanjutan Grup H Piala Dunia 2022. The Black Start menang 3-2 atas Taeguk Warriors.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Momen Piala Dunia 2022 merupakan salah satu turnamen sepak bola yang paling banyak dinanti masyarakat di seluruh dunia. Karenanya tidak heran bila FIFA selaku penyelenggara utama dapat menghasilkan banyak keuntungan dari ajang empat tahunan ini

Berdasarkan laporan dari Aljazeera, baru-baru ini lembaga sepak bola dunia FIFA menyampaikan laporan bahwa Piala Dunia Qatar mendatangkan keuntungan capai US$ 7,5 miliar atau sekitar Rp 117,75 triliun.

Angka ini US$ 1 miliar lebih banyak dari yang dihasilkan oleh organisasi tersebut dari siklus Piala Dunia sebelumnya menjelang acara 2018 di Rusia. Adapun "penghasilan tambahan" yang diterima FIFA berasal dari kesepakatan komersial dengan tuan rumah tahun ini.

Qatar Energy bergabung sebagai sponsor tingkat atas, dan sponsor tingkat ketiga yang baru termasuk bank QNB Qatar dan perusahaan telekomunikasi Ooredoo.

FIFA juga menambahkan penawaran sponsor tingkat kedua tahun ini dari platform keuangancrypto.comdan penyedia blockchain Algorand, sponsor Amerika baru pertamanya dalam lebih dari satu dekade.

Tentu keuntungan dari sponsor ini belum termasuk kesepakatan siaran utama untuk Piala Dunia Qatar yang diterima FIFA dari berbagai negara. Lantas berapa harga lisensi hak siar Piala Dunia FIFA 2022 ini?

Perlu diketahui bahwa harga lisensi hak siar Piala Dunia FIFA 2022 berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh seberapa banyak pertandingan yang bisa diliput, melalui media apa saja pertandingan ini akan disiarkan, dan lain sebgainya.

Perlu diingat juga bahwa lisensi ini tidak diperuntukan hanya untuk televisi saja, namun ada juga lisensi untuk penyiaran berbasis radio maupun internet. Karenanya sulit untuk menaksir harga lisensi hak siar Piala Dunia FIFA 2022.

Namun hingga saat ini baru hanya beberapa negara seperti Thailand atau Vietnam yang secara terang-terangan membeberkan nominal harga kesepakatan yang telah dicapai dengan FIFA.

Melansir dari Bangkok Post, The Sports Authority of Thailand (SAT) telah mencapai kesepakatan dengan FIFA untuk membayar US$ 33 juta (Rp 518,1 milar dengan Kurs Rp 15.692/USD) atau sekitar 1,2 miliar baht, untuk hak siar langsung seluruh 64 pertandingan Piala Dunia 2022.

Ini dipandang sebagai konfirmasi bagi penggemar sepak bola Thailand bahwa mereka akan dapat menonton pertandingan langsung secara gratis, setelah berminggu-minggu ketidakpastian seputar tawaran SAT untuk mencari dana dalam pembayaran hak siar.

Di sisi lain untuk Vietnam, melansir dari tuoi tre news, dikabarkan bahwa pemegang hak siar Piala Dunia FIFA 2022 telah menawarkan harga sebesar US$ 15 juta (Rp 235,,5 miliar) kepada lembaga penyiaran Vietnam. Jumlah ini dilaporkan 30 persen lebih tinggi dari Piala Dunia FIFA 2018.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT