Dituduh Korupsi, Miliarder Angola Ini Jadi Buronan Interpol!

ADVERTISEMENT

Dituduh Korupsi, Miliarder Angola Ini Jadi Buronan Interpol!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 01 Des 2022 09:44 WIB
Isabel Dos Santos
Foto: Instagram @isabel_dos_santos.me
Jakarta -

Miliarder Angola, Isabel dos Santos resmi jadi buronan Kepolisian Internasional (Interpol). Interpol telah mengeluarkan red notice untuk putri mantan presiden Angola tersebut.

Dos Santos, yang telah berulang kali membantah melakukan kesalahan, telah menghadapi tuduhan korupsi selama bertahun-tahun di Angola.

Termasuk salah satunya tuduhan pada tahun 2020 yang menyebutkan dia dan suaminya telah mengarahkan US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15,6 triliun (kurs Rp 15.600) uang milik negara ke perusahaan tempat mereka memegang saham selama masa kepresidenan ayahnya. Termasuk dari raksasa minyak, Sonangol.

Dilansir dari Reuters, Kamis (1/12/2022), kantor berita Lusa Portugal melaporkan pada 18 November Interpol telah mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional untuk dos Santos. Interpol mengatakan mereka telah mengeluarkan red notice atas permintaan otoritas Angola.

Red notice sendiri diklaim bukan surat perintah penangkapan internasional tetapi permintaan kepada penegak hukum di seluruh dunia untuk mencari dan menangkap sementara seseorang yang menunggu ekstradisi, penyerahan, atau tindakan hukum serupa.

Sebuah sumber yang dekat dengan dos Santos mengatakan pada 19 November bila dia belum diberitahu oleh Interpol.

Menurut laporan berita Lusa, dokumen resmi terkait permintaan ke Interpol menyebutkan dos Santos sering berada di Portugal, Inggris, dan Uni Emirat Arab.

Dokumen yang sama dikutip dari Lusa mengatakan Dos Santos dicari karena berbagai kejahatan. Termasuk dugaan penggelapan, penipuan, penjualan pengaruh, dan pencucian uang.

Lihat juga video 'KPK Umumkan Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Kasus Korupsi!':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT