Ternyata Ini yang Bikin Ekonomi Maluku Utara Paling Ngegas di RI

ADVERTISEMENT

Ternyata Ini yang Bikin Ekonomi Maluku Utara Paling Ngegas di RI

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 06:16 WIB
Maluku Utara Provinsi Terbahagia Se-Indonesia
Maluku Utara/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Maluku Utara mendapatkan pujian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena pertumbuhan ekonominya menjadi yang paling tinggi. Jokowi menyebut menjadi yang tertinggi di dunia.

Secara nasional pun, pertumbuhan ekonomi Maluku Utara juga menjadi yang tertinggi pada triwulan III-2022 ini mencapai 24,85% dibandingkan triwulan III-2021 (year on year). Persentase itu memang paling tinggi dibandingkan provinsi lainnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik dalam berita resmi per 7 November 2022 ini, banyak faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi Maluku Utara melesat. Pertama, pertumbuhan terjadi pada empat belas lapangan usaha, yang tertinggi dari industri pengolahan sebesar
96,65%.

Kemudian pertambangan dan penggalian sebesar 34,58% serta transportasi dan pergudangan sebesar 23,47%. Sementara itu, pertanian, kehutanan dan perikanan yang memiliki peran dominan dalam perekonomian Maluku Utara juga mengalami pertumbuhan
sebesar 6,00%.

Kemudian pertumbuhan sektor konstruksi sementara triwulan ini tercatat menurun hanya 5,27% dari triwulan sebelumnya 7,64%. Sektor informasi dan komunikasi juga tercatat menurun tahun lalu, dan naik sedikit di tahun ini.

Rinciannya, untuk sektor informasi dan komunikasi dari triwulan III-2020 10,92%, triwulan III-2021 7,87%, dan triwulan III-2022 naik sedikit menjadi 7,91%.

Sementara, untuk pertumbuhan kuartal ke kuartal hanya 0,47%. Pertumbuhan terjadi pada dua belas lapangan usaha.

Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah jasa keuangan dan asuransi sebesar 3,91%, jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 3,15% serta administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 3,08%.

Sementara itu, lapangan usaha industri pengolahan, pertambangan dan penggalian serta pertanian, kehutanan dan perikanan yang memiliki peran dominan juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 0,42%, 0,37% dan 1,22%.

Terlihat banyak pertumbuhan di beberapa sektor yang persentasenya juga cukup tinggi, menjadi alasan mengapa pertumbuhan ekonomi Maluku Utara melesat tinggi. Namun, hal ini tidak bisa membuktikan bahwa pertumbuhan daerah tersebut menjadi yang tertinggi di dunia sekelas provinsi seperti yang disebutkan Jokowi.

Menguji Pernyataan Jokowi, lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Jokowi Perintahkan Kementerian Keroyokan Atasi Inflasi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT