Semahal Apa Sih Biaya Hidup di Qatar?

ADVERTISEMENT

Laporan dari Qatar

Semahal Apa Sih Biaya Hidup di Qatar?

Lucas Aditya - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 08:32 WIB
Doha, Qatar
Foto: Suasana Doha - Lucas Aditya/detikcom
Doha -

Qatar dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya hidup yang tinggi. Berapa sebenarnya biaya hidup yang dibutuhkan satu keluarga untuk tinggal di Doha?

detikcom melakukan wawancara singkat dengan beberapa warga Qatar. Salah satunya adalah imigran asal India, Humayacem. Sopir angkutan bandara itu mengakui biaya hidup di Qatar memang mahal.

"Sangat mahal. Makanan, sewa rumah, dan yang lainnya sangat mahal. Piala Dunia saat ini? Hotelnya menjadi sangat tinggi," kata dia dalam perbincangan dengan detikcom.

Selama sepekan lebih di Doha, detikcom melakukan riset kecil. Sedikit wawancara dilakukan dengan beberapa orang.

Salah seorang sopir Uber mengakui bahwa biaya hidup di Qatar sangat mahal. Mereka sampai berkelompok menyewa apartemen untuk menghemat biaya sewa tempat tinggal.

Sebagai informasi, salah seorang warga negara Indonesia di Doha menyebutkan bahwa sewa rumah untuk tempat tinggal nyaman satu keluarga di rentang 5.000 Qatari Riyal sampai 8.000 Qatari Riyal.

Sementara untuk biaya makan, dibutuhkan 1.000 riyal per pekan untuk satu keluarga dengan dua orang anak. "Biaya itu sudah termasuk makan di luar pada akhir pekan," kata sumber itu.

Sebagai gambaran, sekali makan di Qatar di restoran yang biasa itu sekitar 15 Qatari Riyal sampai 25 Qatari Riyal untuk satu menu makanan.

Di Qatar, untuk memenuhi kebutuhan bulanan tempat tinggal, makan, transportasi, dan biaya lain-lain diperlukan total 18.000 Qatari Riyal. Kalau dikonversi dalam rupiah dengan kurs 1 Qatari Riyal senilai Rp 4.000, maka diperlukan biaya hidup 72 juta untuk satu keluarga. Jadi, mahal atau tidak detikers?



Simak Video "Melihat Ratusan Unta 'Olahraga' di Corniche Doha"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT