Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat, BRI Buka Akses Ekspor untuk UMKM

ADVERTISEMENT

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR

Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat, BRI Buka Akses Ekspor untuk UMKM

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 11:18 WIB
Dirut BRI Sunarso
Foto: detikcom-Dirut BRI Sunarso
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) kembali menyelenggarakan BRI UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022. Event besar untuk para UMKM ini disebut jadi salah satu cara BRI untuk menyejahterakan Indonesia.

Direktur Utama BRI Sunarso menilai cara terbaik dan paling mulia untuk menyejahterakan rakyat ialah dengan memberi pekerjaan. Ia mengungkapkan hingga saat ini catatan koperasi dan UMKM menyebut 97,2% dari total tenaga kerja Indonesia terserap di segmen UMKM.

"Artinya begitu besar peranan segmen UMKM untuk menyediakan lapangan kerja. Begitu besar peranan segmen UMKM untuk menyejahterakan masyarakat," ungkap Sunarso dalam Konferensi Pers UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut, Sunarso menjelaskan lapangan kerja akan lebih terbuka lebar dengan melibatkan masyarakat dalam proses produksi barang dan jasa. Menurutnya, semakin banyak barang dan jasa dikonsumsi, maka akan semakin banyak menyerap tenaga kerja.

Untuk itu, sejak 2019 lalu pihaknya fokus mendukung UMKM lewat gelaran UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur demi mendorong pertumbuhan UMKM dalam negeri. Harapannya, dengan membawa UMKM naik kelas Indonesia pun bisa menyerap tenaga kerja lebih baik lagi demi kesejahteraan masyarakat luas.

Ia pun menilai produk UMKM akan lebih baik jika dikonsumsi tak hanya di luar negeri, tapi juga bisa dikenal di pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, melalui UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur pihaknya mengkurasi ribuan UMKM terpilih yang akan dibukakan akses ke pasar global. Sehingga ke depannya, UMKM bisa mengetahui seluk beluk soal ekspor melalui BRI. Baik soal jalurnya, prosedur, tipe, kualitas, hingga standar dari permintaan global.

"BRI hadir menginisiasi ini di 2019. Dengan karakteristik pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur hari ini pun masih terus relevan untuk terus mendorong agar produk-produk barang dan jasa dari UMKM RI bisa diberi akses untuk dijual di pasar global," jelasnya.

Sebagai informasi, terdapat total 1.189 UMKM binaan BRI dan 128 UMKM terpilih yang mendaftar jadi peserta kurasi BRILianpreneur 2022 kali ini. Pendaftar berasal dari 196 kota/kabupaten dari 34 provinsi di Indonesia. Ada pula 120 UMKM Unggulan Alumni BRILianpreneur 2019-2021 dengan penilaian terbaik yang kembali diundang menjadi peserta tahun ini.



Simak Video "Kemeriahan Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRIlianpreneur 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT