Luhut Curhat Di-bully Bawa China Melulu

ADVERTISEMENT

Luhut Curhat Di-bully Bawa China Melulu

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 17:48 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho: Menko Kemaritiman & Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan curhat dibully karena selalu melibatkan China. Hal ini disampaikan di tengah-tengah pembahasan hilirisasi yang memperkuat perekonomian wilayah Indonesia Timur.

"Kalau kita kerjakan sungguh-sungguh, planning benar jangan aneh-aneh seperti ini jalannya. kita lihat tadi pertumbuhan ekonomi menciptakan lapangan kerja sangat menarik. Penduduknya 159, pegawainya 80 ribu. Dulu saya dibully bawa China melulu, saya bilang nggak ada pilihan," ujarnya Luhut, dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KADIN 2022, Jumat (2/12/2022).

Luhut menjelaskan, dia selalu melibatkan China untuk sementara mendapatkan ilmunya saja. Dengan kemudian, ilmu tersebut diserap dan dibuatkan pendidikan di Indonesia.

"Metalurgi ahlinya, ya nggak ada, Impro dulu aja, kita buat pendidikannya," jelasnya.

Tetapi membuat pendidikan berkaitan dengan metalurgi itu juga menjadi tantangan yang besar. Metalurgi sendiri merupakan bidang ilmu dan teknik fisika serta kimia.

"Pendidikan itu juga masalah kenapa? karena tidak ada yang lulus dari kampung itu, didemo lagi kita. Say tanya kenapa? iya pak karena 7x7 77 9x9 99. Kenapa? SMA guru matematikanya nggak bagus. Makanya sekarang pendidikan di Indonesia Timur dan di sini sekarang makin baik,"tuturnya.

"Tidak seperti membalikan tangan, proses itu. Dan itu tidak bisa dihindari, Luhut ini banyak yang dengan China-China, kebetulan saya nggak miskin-miskin amat sih jadi ya sudah cukuplah," tutupnya.

Lihat juga Video: Luhut Makin Gencar Rayu Tesla Masuk RI: Mereka Mau Lari ke Mana?

[Gambas:Video 20detik]



(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT