Gempa Garut M 6,1, 6 Perjalanan KA Sempat Disetop

ADVERTISEMENT

Gempa Garut M 6,1, 6 Perjalanan KA Sempat Disetop

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sabtu, 03 Des 2022 19:42 WIB
Menjelang libur nasional Waisak pada tanggal 16 Mei mendatang, jumlah penumpang kereta api melonjak. Tercatat ada 31.200 orang penumpang pada hari ini. (dok KAI Daop 1)
Foto: Menjelang libur nasional Waisak pada tanggal 16 Mei mendatang, jumlah penumpang kereta api melonjak. Tercatat ada 31.200 orang penumpang pada hari ini. (dok KAI Daop 1)
Jakarta -

Gempa berpusat di Garut dengan magnitudo 6,1 pukul 16.49 WIB. Akibatnya sebanyak enam perjalanan kereta sempat dihentikan sementara.

"Gempa M 6,1 di Garut terasa di semua wilayah Daop 2 Bandung, mengharuskan semua perjalanan yang sedang beroperasi pada saat itu di Daop 2 Bandung dihentikan untuk sementara, menunggu selesainya pemeriksaan terhadap semua sarana dan prasarana KA yang ada terutama yang terkait dengan operasional KA, salah satunya jalur yang akan dilalui oleh KA," kata Manajer Humas KAI Daop 2, Kuswardojo kepada detikcom, Sabtu (3/12/2022).

Ia melanjutkan, saat ini seluruh perjalanan KA di Daop 2 Bandung sudah kembali beroperasi seperti biasa setelah jajaran KAI Daop 2 Bandung melakukan pemeriksaan menyeluruh dan didapati semua prasarana dan sarana operasional KA dalam kondisi aman.

"Kami senantiasa berupaya memastikan bahwa seluruh perjalanan KA ada dalam kondisi aman, untuk itulah perjalanan KA kembali kami hentikan sementara, hingga prasarana dan sarana di lokasi yang merasakan getaran gempa dinyatakan dalam kondisi aman oleh para petugas kami dilapangan setelah melakukan pemeriksaan," ujarnya.

Setelah dipastikan prasarana dan sarana dalam kondisi aman, maka kemudian perjalanan KA dapat dilanjutkan kembali. Sejumlah perjalanan KA yang sempat dihentikan sementara yaitu:

-KA serayu dihentikan di Awopari (14 menit)
-KA Pasundan dihentikan di antara Cirahayu-Cipeundeuy (22 menit)
-KA Kutojaya Selatan dihentikan di Nagreg (5 menit)
-KA Argowilis Dihentikan di Haurpugur (5 menit)
-KA Argo Parahyangan dihentikan di antara Cibungur-Cikampek (4 menit)
-KA Siliwangi dihentikan di Gandasoli (19 menit)

"Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya kerusakan dan gangguan pada sarana maupun prasarana yang ada. Tidak ada perjalanan KA yang dibatalkan, akibat gempa di selatan Garut sore hari ini, semua KA beroperasi sesuai dengan jadwal yang ada," tutupnya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT