Nggak Cuma Bantu Modal, Begini Jurus BUMN Geber UMKM

ADVERTISEMENT

Nggak Cuma Bantu Modal, Begini Jurus BUMN Geber UMKM

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 08:56 WIB
Ilustrasi bisnis online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bakal meningkatkan peran BUMN dalam mendorong pertumbuhan UMKM, khususnya di Jabar.

Selain memfokuskan untuk membantu permodalan UMKM, dalam kunjungan yang bertajuk Transformasi BUMN dalam Menopang UMKM di Indonesia, Erick juga fokus menggembangkan talent di Jabar sebagai propinsi yang padat dan memiliki semangat kreativitas yang sangat tinggi.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Maman Setiawan. menilai positif rencana Menteri Erick untuk meningkatkan peran BUMN dalam meningkatkan UMKM di provinsi Jabar.

Sebab salah satu peran BUMN menurut Maman adalah untuk membantu negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan peran tersebut tidak bisa dilakukan oleh swasta.

"Memang peran BUMN untuk menjadi perusahaan yang profesional agar bisa mendapatkan profit. Sehingga dapat memberikan dividen kepada Negara. Namun peran lain BUMN adalah memberikan layanan kepada dan mensejahterakan masyarakat. Ide pak Erick untuk membantu BUMN di Jabar sangat baik. Intinya BUMN bisa memiliki peran lebih untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,"ungkap Maman.

Kemitraan dengan BUMN dengan UMKM ini menurut Maman bisa program CSR maupun keberpihakan. Keberpihakan tersebut bisa melalui memberikan pelatihan, pendanaan dan akses kepada UMKM ke BUMN. Maman menilai bank yang tergambung dalam HIMBARA juga sudah memberikan perhatiannya kepada UMKM di Jabar.

Lanjut Maman, BUMN dapat masuk ke UMKM di provinsi Jabar dengan pola kemitraan. Selain itu skema kerjasama juga bisa dilakukan antara BUMN dengan BUMD di Jabar dengan memberikan transfer keahlian yang dimilikinya. Diharapkan dengan adanya transfer ilmu pengetahuan dari BUMN akan membuat BUMD di Jabar menjadi lebih maju.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT