Hati-hati Ada Modus Penipuan Baru Berkedok Kurir Paket!

ADVERTISEMENT

Hati-hati Ada Modus Penipuan Baru Berkedok Kurir Paket!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 14:35 WIB
Warga Australia Rugi Rp4 T Karena Penipuan Online Sepanjang Sembilan Bulan Tahun 2022
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Heboh di media sosial terkait penipuan berkedok kurir pengiriman paket dari sebuah ekspedisi.

Dikutip dari akun Instagram @ev**** terlihat unggahan tangkapan layar, penipu yang mengaku kurir mengirimkan chat dan sebuah lampiran file.

Dalam lampiran tersebut terlihat jenis file adalah APK. Namun nama file tertulis LIHAT Foto Paket. Sekadar informasi, file dengan ekstensi APK adalah berkas paket aplikasi android yang biasa digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software.

Kemudian dalam postingannya, dia menjelaskan korban yang terlanjur mengklik dan mengunduh file mendapati saldo di mobile bankingnya ludes. Padahal korban tak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun serta mengisi user ID atau password pada situs lain.

Pihak J&T Express dalam akun Instagram resminya meminta masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan J&T Express.

"Sprinter J&T Express tidak pernahmeminta J&T Friends untuk mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat. Aplikasi resmi kami hanya ada di App Store dan Play Store dengan nama pencarian 'J&T Express'," tulisnya, dikutip Senin (5/12/2022).

Kemudian, J&T Express juga meminta agar masyarakat selalu berhati-hati dengan modus aktivasi nomor resi/ cetak resi melalui transfer m-banking ataupun virtual account. J&T Express juga tidak pernah menagihkan biaya tambahan saat proses pengiriman berlangsung.

Jika J&T Friends berada di situasi tersebut dan merasa ragu, kamu dapat segera menghubungi call center J&T Express di 021-8066-1888.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT