3 Fakta BLT Anak Yatim yang Cair Bulan Ini

ADVERTISEMENT

3 Fakta BLT Anak Yatim yang Cair Bulan Ini

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 06:32 WIB
Hand holding Indonesian Rupiah (IDR) Red 100,000 bank notes currency from leather wallet on white background.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Anggi Dharma Prasetya
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) berencana memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk anak yatim piatu yang ada di seluruh Indonesia. Saat ini bantuan tersebut masih dalam proses untuk dicairkan.

Berikut 3 faktanya:

1.BLT Anak Yatim Cair Bulan Ini

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Kanya Eka Santi mengatakan pencairan BLT anak yatim masih dalam proses. Dipastikan bantuan tersebut cair bulan ini.

"(BLT anak yatim) masih berproses ya. Pasti tahun ini (cair), kan untuk tahun ini," kata Kanya kepada detikcom, Senin (5/12/2022).

2. Target Penerima 900 Ribu Anak Yatim

Sayangnya Kanya belum mau bicara banyak saat ditanya lebih lanjut soal BLT anak yatim piatu. Sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut sudah ada 900 ribu lebih anak yatim piatu yang masuk database Kemensos sebagai penerima BLT.

"Kami dapat tambahan anggaran dari Kemenkeu Rp 400 miliar sekian, nah itu akan digunakan untuk bulan Desember. Jadi kami akan serahkan (BLT) kurang lebih targetnya sekitar 946.863 anak yatim piatu," kata Risma dalam konferensi pers, Jumat (16/9/2022).

3.BLT Anak Yatim Rp 200 Ribu

BLT anak yatim akan diberikan dengan total senilai Rp 200.000. Belum diketahui apakah bantuan itu akan diberikan sekaligus atau dicicil.

Tak hanya BLT anak yatim piatu saja, ada dua BLT baru yang akan diberikan pemerintah. Sasarannya diberikan kepada masyarakat lanjut usia atau lansia berusia 75 tahun ke atas yang bantuannya berupa makanan dan masyarakat penyandang disabilitas.

Bantuan itu diberikan secara dititipkan kepada ketua RT/RW di tiap daerah. Risma meminta ketua RT/RW untuk menyalurkan bantuan tersebut setiap hari.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT