Erina Gudono, Calon Mantu Jokowi yang Lahir dari Keluarga Pakar Ekonomi

ADVERTISEMENT

Erina Gudono, Calon Mantu Jokowi yang Lahir dari Keluarga Pakar Ekonomi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 11:29 WIB
Erina Gudono & Kaesang Pangarep
Erina Gudono, Calon Mantu Jokowi/Foto: dok. Instagram @erinagudono
Jakarta -

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi momen yang ditunggu. Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini rencananya akan diadakan di Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

Di Yogyakarta, pernikahan ini kabarnya akan digelar di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (10/12/2022) pukul 13.00 WIB. Sementara di Solo lokasi yang dipilih salah satunya adalah Pura Mangkunegaran.

Akan menjadi calon menantu presiden, sosok Erina Gudono dan keluarga menjadi sorotan publik. Lantas seperti apa sosok Erina Gudono dan keluarga?

Diketahui bahwa sosok sang ayah Erina Gudono bukanlah orang sembarangan. Sebab keluarga Erina Gudono berlatar belakang akademisi yang cukup disegani, yakni Profesor Gudono.

Prof. Gudono merupakan seorang seorang guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada. Beliau lahir di Semarang, 26 Mei 1963 dan tutup usia pada pada 22 Juli 2016 di usia 54 tahun.

Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (dulu Fakultas Ekonomi) UGM dan melanjutkan pendidikan Master di Murray State University di Kentucky, Amerika. Pendidikan Doktoral-nya diperoleh di Temple University, Pensylvania, Amerika, dan Guru Besar dari UGM pada 1 Desember 2011.

Berbagai penghargaan pernah diraih Almarhum semasa hidupnya, di antaranya Satya Lancana Karya Satya XX dari Presiden RI pada tahun 2013 dan Satya Lencana Kesetiaan 25 tahun dari UGM pada 2013.

Berbagai jabatan juga pernah diemban oleh Almarhum semasa hidupnya, antara lain sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Pengembangan SDM UGM pada 2002-2004, Pejabat Struktural Eselon IIIA di BPK RI pada 2006-2010, Ketua Pengelola Program Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UGM pada 2013-2015, dan terakhir menjabat sebagai Ketua Program Sarjana Akuntansi FEB UGM pada 2016 hingga wafatnya.

Sementara itu, berbeda dengan jejak sang ayah yang bekerja di bidang akademik, Erina memilih bekerja di bidang industri keuangan. Dirinya diketahui lahir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, pada 11 Desember 1996.

Menurut profil Erina Gudono di situs Puteri Indonesia, ia pernah menempuh pendidikan di UGM Manajemen keuangan sebelum akhirnya lanjut mengambil gelar S2 di Columbia University Master of Public Administration. Segudang prestasi baik level lokal maupun internasional sudah ia ukir. Prestasi tersebut antara lain delegasi Indonesia untuk Harvard World Model United Nation.

Selain itu ada juga juara 1 Business Project Competition di Tokyo, Japan, lalu juara 1 AIESEC Social Initiative Competition, juara 1 National Business Plan Competition, dan peraih Most Social Spirited Scholar dari UGM FEB Award.

Sedangkan untuk kariernya secara profesional, Erina Gudono bekerja di Bank Indonesia sebagai Project at Payment System Policy Department dan Assistant Manager Apprenticeship pada 2020. Kemudian saat ini berlanjut di bank investasi internasional JP Morgan sebagai Asia Analyst dan menjadi satu-satunya lulusan universitas dalam negeri di angkatannya.

Simak Video: Kaesang Akui Tak Sabar Nikahi Erina Gudono

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT