Jaga Pangan, Bulog & RNI Bakal Dapat Pinjaman Bunga Murah

ADVERTISEMENT

Jaga Pangan, Bulog & RNI Bakal Dapat Pinjaman Bunga Murah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 22:44 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: Dok. Kementerian Perekonomian
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan pembiayaan murah untuk Perum Bulog dan PT RNI (Persero) atau holding pangan BUMN ID Food. Pembiayaan murah ini akan diberikan untuk mendukung ketersediaan pangan dalam negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan pembiayaan tersebut di mana bunga pembiayaan untuk mendukung ketersediaan ini akan lebih murah dari pasar.

"Pembiayaan yang diberikan untuk Bulog maupun RNI atau ID Food, pemerintah sudah mempersiapkan melalui Menteri Keuangan di mana nilai pinjaman baik itu untuk Bulog maupun dari ID Food itu dengan rate tertentu yang lebih rendah daripada rate pasar," terang Airlangga dalam keterangan pers terkait sidang kabinet paripurna, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/12/2022).

Airlangga mengatakan, untuk skema pembiayaannya sedang disiapkan pemerintah. "Dan ini mekanismenya juga sedang disiapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Airlangga mengatakan, pemerintah akan terus melihat perkembangan pangan. Dia mengatakan, untuk meningkatkan cadangan pangan, pemerintah akan memperhatikan seluruh komoditas.

"Dari segi pangan tentu dilihat perkembangan pangan dan diharapkan dari pangan bisa disediakan cadangan nasional dan untuk peningkatan cadangan nasional tentu harus diperhatikan seluruh komoditas, baik itu beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai, daging sapi atau daging lembu, ayam ras, telur, gula konsumsi, minyak goreng dan juga cabai rawit," paparnya.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT