10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah, Nomor 1 Sudah Tidak Asing

ADVERTISEMENT

10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah, Nomor 1 Sudah Tidak Asing

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 07 Des 2022 10:28 WIB
Warga menggunakan payung basah-basahan menerobos hujan  saat melintas di pelican crossing Tosari, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2022). Hujan deras yang mengguyur pada saat jam pulang kerja membuat para pegawai menerobos hujan untuk menggunakan kendaraan umum. Musim penghujan yang datang lebih awal diperkirakan masih berjalan panjang dan mencapai puncaknya pada Desember 2022 hingga Januari 2023.
Negara dengan Biaya Hidup Termurah, Nomor 1 Indonesia/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Jumlah pengeluaran untuk biaya hidup sehari-hari di satu negara dengan negara lainnya biasanya berbeda-beda. Beberapa negara memiliki biaya hidup yang sangat tinggi, namun beberapa negara lainnya memiliki biaya hidup yang sangat rendah.

Biaya hidup adalah uang yang dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat kenyamanan tertentu di suatu lokasi. Biaya hidup mencakup dasar-dasar seperti tempat tinggal, makan, pajak, hingga kesehatan.

Lantas, negara apa saja yang memiliki biaya hidup terendah? Melansir dari situs wealthygorilla, berikut 10 negara dengan biaya hidup termurah di dunia:

10. Kamboja

Biaya Hidup: US$ 812/Bulan

Di urutan 10 dalam daftar negara termurah untuk tinggal di seluruh dunia adalah Kamboja. Kamboja terletak di pusat Asia Tenggara dan juga dikenal sebagai Kerajaan Kamboja.

Luasnya sekitar 181.035 kilometer persegi dan berbatasan dengan Thailand, Laos, Vietnam & Teluk Thailand. Ibu kota Kamboja adalah Phnom Penh dan jumlah penduduknya sekitar enam belas juta orang.

Secara keseluruhan, biaya hidup di Kamboja sangat murah, dengan biaya di bawah US$ 1.000 per bulan. Menyewa apartemen studio satu kamar tidur kecil di salah satu kota termurah di Kamboja, Sihanoukville, akan dikenakan biaya sekitar US$ 246 per bulan. Mata uang di Kamboja disebut "Riel" (KHR), dan sekitar 97,7% dari populasi mempraktikkan agama Buddha.

9. Thailand

Biaya Hidup: US$ 679/Bulan

Thailand adalah negara termurah kesembilan untuk ditinggali di seluruh dunia. Secara resmi disebut Kerajaan Thailand, dan sebelumnya disebut Siam, Thailand adalah negara yang terletak di tengah Asia Tenggara dan memiliki 76 provinsi.

Dengan luas lebih dari 513.120km², Thailand adalah negara terbesar kelima puluh di dunia, dengan total populasi lebih dari enam puluh sembilan juta orang.

Apartemen studio satu kamar tidur di salah satu kota termurah, Udon Thani, akan dikenakan biaya sekitar US$ 199 per bulan. Ibu kota Thailand adalah Bangkok, mata uangnya adalah Baht Thailand dan 94,50% penduduknya beragama Buddha.

8. Malaysia

Biaya Hidup: US$ 588/Bulan

Berikutnya dalam daftar adalah Malaysia, dengan biaya hanya US$ 588 sebulan untuk akomodasi dasar dan biaya hidup. Seperti dua negara sebelumnya, Malaysia juga terletak di Asia Tenggara, dan berbatasan dengan Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Malaysia terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah federal, yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan menjadi dua wilayah. Wilayahnya, Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur, memiliki ukuran yang sama dan luas total Malaysia adalah 330.803 km².

Malaysia memiliki total populasi 31,6 juta orang dan Kuala Lumpur adalah ibu kotanya. Saat memesan akomodasi, kamu akan menghabiskan sekitar US$ 209 per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di salah satu kota termurah, seperti Kota Kinabalu.

7. Meksiko

Biaya Hidup: $587/Bulan

Meksiko dapat ditemukan di bagian paling selatan Amerika Serikat. Selain berbatasan dengan AS, negara ini juga berbatasan dengan Samudra Pasifik, Guatemala, Belize, Laut Karibia, dan Teluk Meksiko.

Meksiko adalah negara terbesar kelima di Amerika, meliputi kira-kira 2.000.000 km², dan negara bagian terbesar ketiga belas. Negara ini memiliki populasi saat ini lebih dari 129 juta orang dan Mexico City adalah ibukotanya.

83% dari populasi adalah Katolik dan mata uang Meksiko adalah Peso (MXN). Sebulan di apartemen studio satu kamar tidur, di salah satu kota termurah di Meksiko, Queretaro, akan dikenakan biaya sekitar US$ 256 per bulan.

6. Peru

Biaya Hidup: US$ 543/Bulan

Negara termurah keenam di dunia untuk ditinggali adalah Peru. Dengan biaya hidup rata-rata sekitar US$ 543 per bulan, negara berbahasa Spanyol ini layak untuk dicoba jika kamu mencari tempat tinggal yang murah.

Peru adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat Amerika Selatan. Berbatasan dengan, Ekuador, Kolombia, Brasil, Bolivia, Chili, dan Samudra Pasifik.

Populasinya saat ini adalah 32,17 juta orang, tersebar di area seluas 1.285.216 km². 73,7% dari populasinya adalah Katolik Roma dan mata uang Peru adalah Sol (Pen).

Saat memesan akomodasi, kamu akan menghabiskan sekitar US$ 198 per bulan untuk apartemen satu kamar di pusat kota. Harga ini didasarkan pada kota Arequipa.

Urutan negara dengan biaya hidup termurah selanjutnya ada di halaman berikutnya.

Simak juga Video: Rina Wahyuni, Saksi Derita Pasien Paliatif Jalani Sisa Hidup

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT