d'Mentor: Primbon Bisnis Cuan 2023

ADVERTISEMENT

d'Mentor: Primbon Bisnis Cuan 2023

Edward F. Kusuma - detikFinance
Kamis, 08 Des 2022 10:59 WIB
Jakarta -

Dalam hitungan hari, 2022 akan berakhir. Sementara itu, isu santer tentang resesi masih menjadi momok berbagai bidang usaha yang ada di negeri ini. Piter Abdullah dalam diskusi di d'Mentor berjudul "Awas! Gelombang Panas PHK" pada 1 Desember 2022 lalu menyebutkan bahwa ekonomi Indonesia masih akan berada pada lintasan positif walaupun praktik PHK masih merebak di sejumlah wilayah.

"Intinya begini, ekonomi Indonesia itu, walaupun terdampak oleh kondisi resesi global ya. Yang gelap itu global ya, bukan Indonesia. Walaupun terdampak gelapnya ekonomi global, Indonesia itu disebut salah satu cahaya di dunia. Perekonomian kita itu diyakini akan tumbuh positif. Dengan pertumbuhan ekonomi yang positif itu, maka lapangan kerja pasti tercipta," ungkap Piter kala itu.

Hal serupa juga dikatakan oleh Anthony Leong, seorang pengusaha muda sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Pengusaha Jasa Kantor Bersama Indonesia (PERJAKBI) menganalisis bahwa sebesar apapun efek yang ditimbulkan oleh resesi global, ekonomi Indonesia tidak akan sekelam masa-masa krisis moneter seperti yang terjadi pada 1998 lalu.

"Saya rasa terlalu jauh kalau misalnya krisis yang terjadi nanti karena isu krisis global ini akan sama dengan krisis 98. Karena ini bukan hanya kita. Dan kita masih bisa selamat," ujar Anthony dalam d'Mentor detikcom, Kamis (20/10).

Lebih jauh Anthony menyebutkan bahwa temaramnya ekonomi akan diikuti dengan munculnya bibit-bibit pebisnis baru. Ia mengatakan bahwa ekonomi yang sulit menjadi lahan baru bagi masyarakat yang jeli melihat potensi usaha di sekitarnya.

d'Mentor kali ini akan mengulas beberapa potensi bisnis yang mungkin tumbuh dalam kondisi ekonomi sulit di 2023. Tidak hanya itu, dalam diskusi ini akan dibahas bagaimana mengelola peluang usaha agar dapat dimaksimalkan menjadi jalan cuan bagi masyarakat. Menghadirkan Anggawira, Wakil Kepala Britek KADIN, saksikan diskusi d'Mentor bertajuk "Primbon Bisnis Cuan 2023" di web dan kanal Youtube detikcom, Kamis 9 Desember 2022 pukul 19.00 WIB.

(vys/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT