ATM Duit Mah Biasa... Kini Ada yang Bisa Keluarin Emas Lho, Begini Bentuknya

ADVERTISEMENT

ATM Duit Mah Biasa... Kini Ada yang Bisa Keluarin Emas Lho, Begini Bentuknya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 09 Des 2022 16:06 WIB
ATM Emas Pertama
India Luncurkan ATM Emas yang Diklaim Pertama di Dunia/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Teknologi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kian berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan sekarang ini mesin ATM sudah bisa digunakan untuk menarik tabungan dalam bentuk emas. ATM emas ini pertama kali diluncurkan pada 3 Desember lalu di Begumpet, Hyderabad.

Melansir dari Indiatoday, perusahaan distributor emas asal India, Goldsikka, meluncurkan ATM emas real-time pertama di dunia. Dengan mesin ATM emas ini masyarakat dimungkinkan untuk menarik koin emas seperti uang tunai menggunakan kartu debit atau kredit mereka tanpa harus pergi ke toko perhiasan fisik.

Lalu bagaimana cara kerja ATM emas?

Diketahui bahwa layanan ATM emas tersedia 24x7 dan memungkinkan pelanggan membeli emas sesuai anggaran. Mesin ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 5 kg dan menawarkan delapan pilihan untuk besaran emas yang bisa di tarik, mulai dari 0,5 gram sampai 100 gram.

Perusahaan mengklaim bahwa pihaknya akan menyediakan emas dengan harga serendah mungkin agar dapat diakses oleh lebih banyak orang. Selain itu, perseroan juga menawarkan smart card prabayar dan pascabayar yang dapat digunakan untuk membeli emas, selain kartu debit dan kredit.

"ATM Emas merupakan cerminan dari permintaan konsumen. ATM Emas ini memasok dalam denominasi mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram," kata perusahaan dalam keterangannya sebagaimana dikutip detikcom dari Indiatoday.

Di luar itu, bahkan siapa pun yang memiliki kartu debit atau kartu kredit dapat melakukan transaksi emas menggunakan ATM ini.

"Semua mata uang emas yang ditemukan di ATM Emas adalah emas 24 karat, yang dianggap sebagai jenis emas paling murni. Selain itu, ini menampilkan harga emas saat ini untuk memberi tahu klien tentang perubahan di pasar. Koin emas tersedia dalam denominasi mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram. Tidak seorang pun dapat membeli kurang dari 0,5 gram atau lebih dari 100 gram," bunyi pernyataan lebih lanjut.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT