Siapa Pemilik PO Rosalia Indah? Berawal dari Kondektur

ADVERTISEMENT

Siapa Pemilik PO Rosalia Indah? Berawal dari Kondektur

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 06 Jan 2023 11:34 WIB
Pengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia Indah
Rosalia Indah/Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Siapa yang tak kenal dengan perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah. Bus ini dikenal sebagai angkutan transportasi dengan layanan premium sehingga kerap menjadi pilihan. Karenanya tidak heran juga bila banyak yang penasaran dengan sosok di balik Rosalia Indah.

Melansir dari situs resmi PO Rosalia Indah, diketahui bahwa perusahaan ini berawal dari pasangan suami istri yang sederhana, Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso.

Mereka mengawali perjuangannya mendirikan usaha transportasi tahun 1983 yang waktu itu hanya 1 armada jenis Colt Diesel AD 9866 A, yang sekarang disebut dengan "Bibit Kawit" dengan membawa penumpang Solo - Blitar.

Setelah itu perusahaan berlanjut dengan membuka usaha travel trayek/rute Jogja - Surabaya, Jogja - Blitar/Malang dan terus berkembang sampai tahun 1991. Pada tahun tersebut perusahaan baru mempunyai 5 armada "Bumel Non AC" dengan merk HINO type AK

Sejak saat itu (1991) usaha milik Yustinus Soeroso ini secara resmi menjadi perusahaan perseorangan melalui ijin usaha Biro Perjalanan Umum (BPU) dengan nama Perusahaan Otobis (PO) Rosalia Indah resmi.

Namun seiring perkembangan dunia usaha transportasi, maka perusahaan perseorangan (PO) dituntut harus profesional dalam pengelolaan manajemen dan pelayanan sehingga pada 15 April 2015 PO. Rosalia Indah berubah menjadi perusahaan berbadan hukum dengan nama PT. Rosalia Indah Transport.

Adapun perubahan ini dilakukan perusahaan berdasarkan SK. Menkumham RI No. AHU-2392920.AH.01.01. dengan lokasi kantor perusahaan di Jl. Raya Solo - Sragen KM. 7,5 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah.

Namun terlepas dari itu semua, ketatnya kondisi persaingan bisnis transportasi darat sejak era 1990-an sampai saat ini bukan menjadi kendala bagi PT. Rosalia Indah Transport.

Bahkan pada masa itu dijadikan titik tolak perusahaan Rosalia Indah dari yang semula berorientasi pada pelayanan transportasi AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) menjadi AKAP (Antar Kota Antar Provinsi).

Lihat juga video 'Seluk-beluk Sopir Bus AKAP, Begini Pembagian Jam Kerjanya':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT