Garuda Paling Tepat Waktu Sedunia, Menhub: Harus Diikuti Maskapai Lain!

ADVERTISEMENT

Garuda Paling Tepat Waktu Sedunia, Menhub: Harus Diikuti Maskapai Lain!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 12 Jan 2023 16:30 WIB
Runut Kisruh Laporan Keuangan Garuda
Catatan Prestasi Garuda Indonesai Foto: Tim Infografis/Mindra Purnomo
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi buka suara soal keberhasilan Garuda Indonesia yang dinobatkan menjadi maskapai penerbangan global paling tepat waktu sepanjang tahun 2022.

Budi Karya meminta agar prestasi Garuda dapat dipertahankan secara konsisten. Bukan itu saja, dia juga meminta maskapai lain bisa mencontoh Garuda yang menjadi maskapai paling tepat waktu sedunia.

"Saya berharap kinerja ketepatan waktu yang baik ini dapat terus konsisten dilakukan dan dapat diikuti juga oleh maskapai nasional lainnya," kata Budi Karya dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023).

Seperti diketahui, Garuda dinobatkan menjadi The Most Punctual Global Airline oleh Official Airline Guide (OAG) Flightview, sebuah lembaga riset internasional yang melakukan pemeringkatan ketepatan waktu atau on time performance (OTP) maskapai penerbangan global.

Garuda Indonesia berhasil meraih peringkat pertama tingkat OTP sebesar 95,63%, mengalahkan sejumlah maskapai dari berbagai negara. Ini menjadi kali kedua maskapai Garuda Indonesia meraih peringkat OTP terbaik, setelah sebelumnya diraih pada tahun 2019.

Dia mengatakan capaian Garuda diharapkan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan layanan dari maskapai nasional.

"Semoga prestasi ini semakin memacu kinerja penerbangan nasional, menjadi momentum pemulihan, dan akan semakin memajukan industri penerbangan nasional," ujar Budi Karya.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, selain konsistensi pelayanan dari operator penerbangan yang harus dijaga, peran serta dari masyarakat pengguna jasa penerbangan juga menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang ketepatan jadwal penerbangan.

"Manajemen waktu kedatangan di bandara harus diperhatikan, agar tidak terlalu mepet datang ke bandara. Sehingga proses pre-flight seperti check-in dan boarding tidak mengganggu ketepatan waktu keberangkatan pesawat," tutur Budi Karya.

Simak juga video 'Garuda Indonesia Ajukan Prosedur Pailit ke Pengadilan AS':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT