Disentil Pakai Data Palsu Food Estate, Mentan: Tanya BPS!

ADVERTISEMENT

Disentil Pakai Data Palsu Food Estate, Mentan: Tanya BPS!

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 16 Jan 2023 15:28 WIB
Komisi IV DPR gelar raker dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta. Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengkritik kinerja Kementan.
Mentan Syahrul Yasin Limpo (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Komisi IV DPR RI menyoroti perihal program Food Estate (FE) yang dinaungi oleh Kementerian Pertanian. Proyek ini dicap gagal, bahkan disebut-sebut dalam ditemukan banyak data palsu.

Kritik pun dilontarkan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin. Menurutnya, kinerja Kementerian Pertanian di 2022 ini memburuk, salah satunya karena ditemukannya proyek Food Estate di sejumlah wilayah yang gagal dan tidak mencapai target.

"Kami Komisi IV sudah menyiapkan Panja (Panitia Kerja) Food Estate. Bahkan beberapa teman-teman mengusulkan dibikin Pansus (Panitia Khusus) karena disitu banyak data yang palsu," kata Sudin, Rapat kerja Komisi IV DPR RI Dengan Kementerian Pertanian, Senin (16/01/2023).

Menepis kritik tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, data yang dihimpun kementerian Pertanian tidak menunjukkan adanya penurunan dari produksi FE.

"Kalau dari Kementan tidak ada data yang turun," ujarnya kepada media, selepas acara.

Sementara saat ditanya mengenai omomgan yamg menyebut banyaknya data palsu menyangkut program FE, Syahrul menjawab, hal itu harusnya ditanyakan ke Badan Pusat Statistik (BPS).

"Aku nggak tahu itu. Data BPS kau tanya. BPS itu digaji untuk itu," ujarnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT